Polri Apps
banner 728x90

1 September acara Malemang Basamo warga kerinci di Marina City

berita terkini batam
(foto: owntalk)

BATAM.owntalk.co.id – Warga kota Batam yang berasal dari kerinci Jambi yang terhimpun dalam satu  paguyuban yang  bernama Himpunan Keluarga Kerinci (HKK) kota Batam akan menggelar Malemang Basamo pada Minggu,(1/9/2019) mendatang

Kegiatan Malemang Basamo tersebut akan diadakan di Pantai Marina City dan akan dihadiri langsung oleh Bupati Kerinci. Kegiatan tersebut sekaligus juga akan di barengi dengan pelantikkan pengurus HKK kota Batam periode 2019/2022.

Selain kehadiran Bupati yang sudah di pastikan bersama HKK Batam di tempat acara, Panitia juga mengundang Walikota Batam serta tokoh-tokoh masyarakat Kerinci di Kepulaun Riau,malaysia dan Singapura.

Lukman Hakim, Ketua Umum HKK kota Batam mengaku bahwa Malemang Basamo ini pertama kalinya dilakukan di Batam. Lukman menginformasikan bahwa Malemang Basamo merupakan tradisi turun temurun yang ada di kota Kerinci. Biasanya kata Lukman, Malemang Basamo ini dilakukan ketika ada hajatan -hajatan besar keagamaan,budaya , dan hajatan besar pesta.

 

Dengan kegiatan ini, Ia pun berharap dapat merawat dan memperkenalkan budaya Kerinci yang sudah lambat laun mulai terkikis. “ Kami HKK kota Batam bertanggung jawab memperkenalkan tradisi Malemang ini ke generasi berikutnya.” Kata dia 

Selain itu, Ia bersama Panitia manargetkan akan membuat sedikitnya 700 batang Lemang yang nantinya akan di bagi-bagikan gratis kepada seluruh tamu yang hadir. 

Selain Malemang, kegiatan itupun pun akan dipenuhi dengan penampilan Kesenian Khas Kerinci. Pertukaran masakan-masakan khas Kerinci dari antar tamu yang datang hingga acara hiburan tang langsung mendatangkan artis dari Kota Kerinci.

Lukman berharap melalui moment kegiatan itu nantinya Panitia dapat menyampaikan pesan bahwa nilai-nilai luhur budaya jangan sampai hilang. “ Melalui moment ini, kami ingin Pelestarian budaya dan kearifan lokal sudah semestinya beriringan. Keduanya merupakan falsafah dari tatanan kehidupan masyarakat. Menjernihkan, sekaligus mengajarkan kita bahwa kini dan nanti kearifan lokal adalah perantara hubungan antara manusia dengan alam.” Tutupnya

Sementara itu, Etra Juanda ketua panitia kegiatan menghimbau kepada seluruh masyarakat Kerinci yang berdomisili di kota Batam, seperti Macan Kerinci dan Gabuki  dapat berbondong-bondong menghadiri kegiatan tersebut.

Dia mengatakan bahwa tujuan khusus dari kegiatan tersebut adalah menjalin silaturahmi dengan sesama warga HKK di kota Batam.

Selain itu, kata dia Panitia pun menyiapkan doorprize kepada masyarakat Kerinci yang datang pada tangggal 1 Septermber 2019 tersebut. (Anwar)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *