Tentang Kami

Berkembangnya teknologi di generasi Y & Z semakin memudahkan para masyarakat Indonesia memaksimalkan smartphone nya untuk menggengam dunia.  Generasi abad 21 itu disebut sebagai kaum milenial.

Kaum milenial mengefektifkan seluruh kebutuhan dengan sebuah smartphone, begitu juga Media online owntlak.co.id yang kelahirannya dipicu oleh generasi Milenial.

Meskipun berbasis siber, tetapi owntalk.co.id adalah sebuah media yang selalu berusaha untuk menghadirkan penyajian informasi terkini dalam bentuk berita yang cepat, akurat dan terpercaya.

Media online dituntut untuk menyajikan berita secara cepat. Namun, bagi owntalk.co.id  kecepatan bukan segalanya. "Get it first, but first get it right" adalah adagium jurnalistik lama yang masih kami pegang teguh.

 Di era digital dan media sosial saat ini, ketika kebenaran sulit ditemukan di antara lautan informasi, menemukan kebenaran menjadi sangat relevan. Owntalk.co.id  tidak ingin menjadi bagian dari kegaduhan (noise) di media sosial. Owntalk.co.id berupaya memberi jawaban atas kegaduhan-kegaduhan itu (voice).

Selain memiliki wartawan yang profesional dibidangnya, owntalk.co.id juga menciptakan sebuah devisi khusus media sosial, yang selalu memonitor percakapan media sosial secara real-time.

Tim media sosial memberikan hasil social media listening tersebut kepada tim redaksi yang kemudian dipakai untuk bahan mentah untuk diolah di dapur Newsroom.

Redaksi tak langsung menelan mentah-mentah apa yang dibicarakan di media sosial. Tim Owntalk.co.id terbiasa bekerja untuk memfilter informasi, baik informasi di lapangan maupun informasi di media sosial, apakah fakta ataukah hoaks. Kami ingin memastikan, Owntalk.co.id bisa menjadi referensi pembaca untuk memvalidasi apakah sebuah informasi itu hoaks atau bukan.

Demi mendapatkan kebenaran jurnalistik itu kami disiplin melakukan verifikasi atas fakta dan data yang kami dapatkan di lapangan atau di media sosial. Ada tiga hal yang menjadi perhatian dalam proses verifikasi: observasi lapangan, narasumber, dan data.

Observasi lapangan adalah prioritas pertama yang kami lakukan untuk mendapatkan fakta orisinal. Semua informasi awal yang kami dapatkan, termasuk informasi dari media sosial, kami cek langsung ke lapangan.

Berikutnya, kami mendalami fakta tersebut dengan mencari narasumber yang dapat dipercaya. Setiap wartawan Owntalk.co.id memastikan narasumber yang dikutip adalah sumber pertama yang berada saat peristiwa terjadi. Informasi dari sumber kedua dan ketiga diperlakukan dengan sikap skeptis.

Selanjutnya, semua informasi dari narasumber wajib dicek dan cek ulang ke pihak-pihak yang terkait dengan topik yang dibahas.

Kredibilitas narasumber menyangkut latar belakang, rekam jejak, dan kredibilitasnya juga menjadi perhatian utama demi mendapatkan pandangan yang obyektif dari mereka.

Untuk melindungi privasi, Owntalk.co.id tidak memublikasikan atau memberi link informasi pribadi nasarumber, seperti nomor telepon dan alamat email. Pembaca yang membutuhkan, bisa meminta kepada redaksi Owntalk.co.id dan akan diberikan atas persetujuan narasumber terlebih dahulu. Untuk lembaga atau wakil lembaga, Owntalk.co.id menyertakan sumber resmi lembaga sebagai pemberi informasi (misal berupa link siaran pers atau link ke sebuah data) di dalam tubuh berita sebagaimana diatur dalam kode etik jurnalistik.

Untuk data, Owntalk.co.id memastikan data yang diperoleh berasal dari sumber resmi yang kredibel, apakah lembaga pemerintah atau lembaga internasional. Data yang ditampilkan menyebutkan sumber data maupun tautan (link) sumber tersebut.

  • Penanggung Jawab

Anwar Anas

  • Editor
    • Zalina
  • Reporter
    • Halim Yelris K
    • Yanis Alfata
    • Ardy
    • Suheri 
    • Alex R
    • Rizal 
    • Muhammad Aziz Putra 
    • Deny