Tagihan Listrik Fadli Zon Membengkak, Kantor LBP Buka Pengaduan Masyarakat

berita terkini batam
Ilusrtasi Kwh listrik PLN. (foto: owntalk)

Batam, owntalk.co.id – Persoalan membengkaknya tagihan listrik tak hanya dialami masyarakat biasa, Politisi partai Gerindra Fadli Zon juga mengeluhkan hal yang sama. melalui akun twitternya, Fadli meminta PLN berlaku transparan.

@pln_123 harus transparan atas keluhan2 di masyarakat. Knp tagihan listrik makin melonjak? Ada privatisasi?,” cuitannya dalam twitter tersebut.

Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Marves, Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, masyarakat yang merasa tagihan listriknya melonjak bisa melakukan pengaduan melalui email ke pengaduanenergi@maritim.go.id.

“Kalau ada kasus listrik lapor saja ke sana, setelah jumlah banyak kami akan kirim tim untuk investigasi,” tuturnya dalam konferensi pers virtual, Selasa (9/6/2020).

Tim tersebut, lanjut Purbaya akan melakukan investigasi dan mencari akar permasalahannya. Jika PLN yang terbukti lalai akan diberi peringatan.

“Investigasi apakah PLN yang bohong atau masyarakat yang bohong. Kalau PLN main-main kita akan beri peringatan keras,” terangnya.

Terkait isu melonjaknya tagihan pelanggan PLN, Jubir Presiden Bidang Sosial Angkie Yudistia sudah menegaskan tidak ada kenaikan tarif listrik seperti dikeluhkan warga. Lonjakan tarif listrik yang tinggi disebabkan oleh konsumsi yang jauh lebih banyak saat kita lebih sering beraktifitas di rumah.

“Masa pandemi yang mendorong diberlakukannya kebijakan PSBB menjadikan kegiatan kita lebih intens di rumah dan mengakibatkan penggunaan listrik yang juga turut mengalami peningkatan,” tuturnya dalam keterangan tertulis, Senin (8/6/2020).

Angkie menambahkan, PLN juga telah menjelaskan faktor yang menyebabkan tarif listrik menjadi tinggi selama PSBB. Ada sistem angsuran carry over selama tiga bulan untuk menjaga lonjakan tagihan akibat pemakaian yang lebih banyak dibanding sebelum PSBB.

“Untuk memantau penggunaan listrik di rumah serta pengaduan dan keluhan, PLN menyediakan beberapa cara penyampaian oleh warga yang bisa dilakukan, diantaranya dengan mengunduh aplikasi PLN Mobile, memantau melalui tautan pln.co.id, dan pusat kontak PLN 123. Selain itu, PLN juga menyediakan layanan baca meter melalui whatsapp resmi ke nomor 081-22-123-123,” tutupnya. (Agung/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *