Polri Apps
banner 728x90

Usai Muscab, Surya Makmur Nasution Resmi Pimpin PKB Kota Batam 

Batam, Owntalk.co.id – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Batam. Menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) ke IV di Sahid Hotel Batam Center, pada Minggu (03/07/2022).

Hasil muscab menunjukkan, Surya Makmur Nasution resmi menjadi Ketua  DPC Partai PKB Kota Batam periode 2022-2027. tahapan-tahapan dalam proses Muscab ini dilakukan seperti biasa. Mulai dari pembukaan secara seremonial dan akan dilanjut dengan tahapan lainnya. Mulai dari pleno 1 sampai dengan tahapan penetapan.

Ketua Panitia Muscab PKB, Muhammad Irfan menuturkan, dari tahun 2012 dalam Muscabnya, PKB tidak lagi melakukan pemilihan langsung seperti pemungutan suara, karena pihaknya sudah menggunakan rekomendasi dari seluruh PAC siapa yang akan di usung untuk menjadi calon ketua. 

“Jadi, PAC kita berikan keleluasaan serta kesempatan untuk merekomendasikan beberapa nama sebagai calon Ketua DPC Kota Batam. Dari tiga nama hingga kini mengkerucut menjadi 1. Dalam Muscab ini sudah ada 1 nama yakni Surya Makmur Nasution, mungkin nanti setelah Muscab tahapan selesai langsung dilakukan pengukuhan DPP kepada Ketua terpilih,” ungkapnya. 

Lanjut Irfan, semoga dengan terpilihnya ketua DPC yang baru bisa membawa PKB untuk meraih kemenangan di 2024 mendatang. 

“Kami meyakini, ketua baru nantinya dapat menyatukan seluruh kader PKB. Terutama kembali menjalin keharmonisan dengan NU, Serta dapat memenangkan Partai PKB di 2024 mendatang,” jelasnya. 

Ditempat yang sama, Ketua terpilih Surya Makmur Nasution mengatakan, sistem di PKB tidak sama dengan partai lain. Di PKB ada disebut pra muscab yang merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan dari muscab sendiri.

Lanjutnya, kemarin dari PAC sudah rapat dengan DPC dan dalam rapat itu diusulkan sejumlah nama. Jadi, nama yang diusulkan PAC secara aklamasi dan bulat langsung diusulkan ke DPP yakni Dewan Syuro, Sekretaris Dewan Syuro, Ketua Takfis, Sekretaris Takfis dan Bendahara Takfis. Nanti dibuka sidangnya secara resmi seperti proses biasa mulai laporan penanggung jawab kemudian PAC diajak untuk menyampaikan pandangannya dan membacakan SK yang telah diterbitkan oleh DPP.

“Kemarin disepakati Ketua DPC Surya Makmur Nasution, Sekretarisnya Ikhwan Nasai, Bendahara Yudiyanto. Ini sudah disepakati bersama dan akan dibacakan dalam persidangan untuk legalitas formalnya supaya apa yang diputuskan pra muscab menjadi keputusan sah,” katanya.

Surya menambahkan, menurut saya ini suatu sistem yang sangat baik menghindari fiksi dari adanya konflik sehingga semuanya senang, bergembira dan guyub memutuskan secara bersama. Sementara itu, kita tau bahwa kompetisi sebentar lagi di tahun 2024, tentu PKB sebagai salah satu partai politik terbesar di Indonesia ingin daerah-daerah semuanya bisa berkhidmat memenangkan pemilu.

“PKB bertekad bahwa untuk tahun 2024 akan mengajukan Ketua Umum DPP PKB , Gus Muhaimin sebagai calon Presiden Indonesia. Oleh karena itu, agar PKB bisa mengantarkan Ketua Umum sebagai Presiden RI maka saya sebagai Ketua DPC Kota Batam wajib hukumnya memenangkan PKB di kota Batam dengan berbagai potensi yang dimiliki,” tutupnya.