Polri Apps
banner 728x90

BMKG: Waspada Cuaca Extrem Untuk Sepekan Kedepan

berita terkini batam
(Foto: Owntalk)

Karimun, owntalk.co.id – Curah hujan kembali mengguyur hampir seluruh wilayah Kepulauan Riau, Minggu (10/01/2021).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Karimun meramalkan bahwa selama sepekan kedepan cuaca extrem masih terus berlanjut.

Kepala BMKG Kabupaten Karimun, Raden Eko Sarjono mengatakan, cuaca extrem berupa hujan lebat bahkan disertai angin kencang yang terjadi karenakan adanya sirkulasi siklonik di kalimatan barat.

“Menyebabkan penumpukkan masa udara dan perlambatan kecepatan angin, sehingga pembentukan awan diwilayah kepulauan Riau cendrung lebih signifikan, sehingga dampak curah hujan lebih meningkat,” ujarnya.

Eko juga menambahkan, kalau dilihat secara musim, diawali pada bulan September dan Desember memang curah hujan diwilayah Indonesia meningkat.

“Untuk wilayah Kepri yang sebenarnya non zona musim tetap terdampak, karena yang bertiup sekarang merupakan angin barat,” tambahnya

BMKG memperkirakan dalam waktu sepekan kedepan kondisi seperti hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang berpotensi  masih terjadi di wilayah Kepri.

Kepala BMKG Karimun menghimbau kepada masyarakat Karimun dan penguna transportasi laut untuk tetap waspada dan mematuhi aturan yang diberikan Syahbandar.

(Koko)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *