Polri Apps
banner 728x90

Presiden Prabowo Targetkan Swasembada Pangan, Indonesia Siap Jadi Lumbung Pangan Dunia

Presiden Prabowo Subianto menyampaikan pidato perdana usai dilantik pada sidang paripurna MPR di Gedung Nusantara, Komplek Perlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/24). (Dok. ANTARA FOTO)

Jakarta, Owntalk.co.id – Presiden Republik Indonesia Prabowo Subianto menegaskan komitmen pemerintahannya untuk mencapai swasembada pangan dalam waktu 4-5 tahun ke depan, dengan ambisi menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia.

Hal ini diutarakannya dalam pidato perdana setelah resmi dilantik sebagai Presiden ke-8 RI pada Sidang Paripurna MPR/DPR RI, di Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

“Kita tidak boleh bergantung pada sumber pangan dari luar, terutama di tengah krisis global saat ini. Tidak ada pilihan lain; dalam waktu sesingkat-singkatnya, kita harus mencapai ketahanan pangan, mampu memproduksi, dan memenuhi kebutuhan seluruh rakyat Indonesia,” kata Prabowo dengan penuh keyakinan di hadapan para anggota dewan.

Presiden Prabowo mengungkapkan bahwa isu ketahanan pangan telah dipelajari secara mendalam bersama para pakar.

Dengan sumber daya alam (SDA) yang melimpah dan kekayaan sumber daya manusia (SDM) yang besar, Prabowo optimistis bahwa target swasembada pangan bisa tercapai.

Ia menekankan pentingnya kolaborasi dan sinergi dari seluruh elemen bangsa untuk merealisasikan program ini.

“Tidak ada cara lain untuk mencapainya selain dengan kerja sama, bersatu, dan bersinergi. Saya mengajak seluruh elemen bangsa, baik yang memilih saya maupun bukan saat Pilpres 2024 lalu, untuk bersama-sama mencapai cita-cita swasembada pangan ini,” ujar Prabowo dengan tegas, menggambarkan semangat persatuan dan inklusivitas yang ingin ia bawa dalam pemerintahannya.

Dalam kepemimpinannya, Prabowo menekankan pentingnya menyatukan potensi bangsa untuk bersama-sama membangun Indonesia yang lebih maju, adil, dan makmur.

Ia berharap seluruh komponen masyarakat, mulai dari petani, akademisi, hingga pelaku usaha, dapat bersinergi mendukung upaya ini, sehingga Indonesia tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri, tetapi juga menjadi kekuatan baru dalam pasar pangan global.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi memulai tugas mereka sebagai Presiden ke-8 dan Wakil Presiden ke-14 Republik Indonesia setelah mengucapkan sumpah jabatan pada upacara pelantikan di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta.

Pidato perdana ini menandai langkah awal visi besar mereka untuk membawa Indonesia menuju kemandirian pangan dan kemajuan ekonomi di era baru kepemimpinan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *