Polri Apps
banner 728x90

Prestasi Gemilang Siswi SMAN 23 Batam di Ajang 02SN Kepri

Foto bersama Gubernur Kepri.

Batam, Owntalk.co.id – Pada ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2024 tingkat Propinsi Kepulauan Riau, siswa-siswi dari SMAN 23 Batam meraih prestasi cemerlang yang membanggakan. Ajang bergengsi ini resmi ditutup di atrium One Batam Mall, Batam Center, Kota Batam, pada Sabtu (29/6).

Para peraih prestasi tersebut antara lain Cintia Agustina Silaban, Siti Fioni Salsabila, Rifqoh Hanifah Ramadhani, dan Tiara Afifah Zulfra.

O2SN mempertandingkan lima cabang olahraga, seperti Pencak Silat, Karate, Bulu Tangkis, Renang, dan Atletik, dengan tema “Merdeka Berprestasi, Talenta Olahraga Menginspirasi.”

Cintia Agustina Silaban (19), siswi SMAN 23 Batam, duduk di kelas 12 berhasil meraih juara 3 pada cabang olahraga nyanyi solo. Sukses tersebut tidak lahir begitu saja, Cintia selalu memperlihatkan semangatnya untuk belajar menyanyi dan berlatih dengan tekun menjelang ajang O2SN tersebut.

Sebenarnya, Cintia sudah memiliki bakat dan minat dalam bidang musik sejak kecil, bahkan sempat ikut ajang nyanyi di SMP, namun tidak berhasil meraih juara.

Namun Cintia tidak menyerah untuk terus berlatih dan belajar, baik di sekolah maupun di rumah. Cintia juga mendapatkan dukungan dan bimbingan dari guru seni di sekolah, serta memiliki semangat yang tinggi untuk terus meningkatkan kemampuannya dalam bernyanyi dan memperkaya pengetahuan tentang lagu.

Ia menerapkan beberapa tips agar bisa terus mengasah bakatnya dalam menyanyi. Pertama, ia menghabiskan waktu luangnya untuk berlatih dan bernyanyi. Kedua, ia mencari berbagai sumber belajar, seperti video tutorial di Youtube atau mendengarkan musik dari penyanyi terkenal. Ketiga, ia mencari beberapa mentor atau teman-teman yang memiliki minat dan bakat sama untuk bertukar pengalaman.

“Bangga, merasa sangat bersyukur dan senang juga. Ini adalah moment yang sangat membahagiakan dalam hidup saya. Prestasi ini menjadi semangat baru untuk terus meningkatkan berprestasi di bidang tarik suara,” kata Cintia.

Foto para juara

Selain Cintia Agustina Silaban, Siti Fioni Salsabila (18) juga berhasil meraih juara pertama di ajang O2SN Olimpiade Olahraga Siswa Nasional 2024 tingkat Propinsi Kepri pada kategori komik digital.

Bakat Siti Fioni Salsabila dalam membuat komik sudah terlihat sejak dia berusia kelas 6 SD (sekolah dasar). Ia mengandalkan laptop milik orangtua dan tablet/tab android miliknya untuk mengasah bakatnya membuat komik.

Inspirasi Siti dalam membuat komik didapatkan dari keseharian di lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Ia selalu mengeksplorasi berbagai topik dan juga kejadian di segala aspek kehidupan sehari-hari untuk menghasilkan komik yang menghibur, menarik, dan mempunyai pesan. Siti percaya bahwa karya yang dihasilkannya bisa memberikan manfaat dan hiburan bagi orang lain.

Dengan prestasi di ajang O2SN ini, Siti Fioni Salsabila berharap cita-citanya menerbitkan buku komik sendiri dapat terwujud.

“Prestasi ini menjadi semangat untuk mewujudkan impian saya, semoga bisa menerbitkan buku komik sendiri,” harapnya.

Prestasi lainnya juga diraih siswi SMAN 23 adalah juara 2 pada cabang tari kreasi, oleh pasangan Rifqoh Hanifah Ramadhani (17) dan Tiara Afifah Zulfra (17).

Rifqoh Hanifah Ramadhani yang bercita-cita menjadi dokter sejak kecil sudah mulai menari sejak dari Taman Kanak-Kanak atau TK. Dia memiliki minat yang sangat besar pada seni tari dan sudah sering tampil di berbagai kesempatan. Saat masih SMP, Rifqoh juga pernah mengikuti ajang tari dan berhasil meraih juara pertama.

Tak hanya Rifqoh, Tiara Afifah Zulfra juga menunjukkan passion dalam bidang seni tari. Sejak kecil, Tiara sangat suka menari dan sudah menunjukkan ketertarikannya pada Seni tari sejak di taman kanak-kanak (TK). Cita-citanya ingin menjadi guru seni agar bisa menularkan bakat seninya ke generasi berikutnya.

Tari Kreasi yang mereka ditampilkan mengisahkan tentang perjuangan masyarakat Melayu dalam memasang tiang pancang sebagai upaya menahan abrasi pantai yang mengancam lingkungan.

Masyarakat Melayu di pesisir pantai memang sering mengalami ancaman abrasi pantai yang menyebabkan kerusakan lingkungan. Sebagai upaya untuk mengatasi masalah ini, mereka menggunakan tiang pancang sebagai bagian dari upaya mitigasi abrasi pantai.

Para penari mengenakan busana tradisional dan menari dengan gerakan yang khas, diiringi dengan irama musik yang menawan.

Foto bersama para juara dengan Kepala Sekolah SMAN 23 Batam Owntalk

Tari Kreasi ini tidak hanya menarik dari segi tampilan, tetapi juga memiliki pesan moral yang kuat tentang pentingnya menjaga dan merawat lingkungan alam yang sudah mulai terancam akibat ulah manusia.

Mereka yang berhasil meraih juara 1 dan 2 di ajang O2SN Olimpiade Olahraga Siswa Nasional tahun 2024 tingkat Propinsi Kepri, termasuk Siti Fioni Salsabila (kategori komik digital) dan pasangan Rifqoh Hanifah Ramadhani dan Tiara Afifah Zulfra pada cabang tari kreasi, akan mewakili provinsi Kepulauan Riau di ajang 02SN tingkat nasional.

Kepala Sekolah SMAN 23 Batam, Sarimin Adang S.Pd, merasa bangga dengan prestasi tersebut. Ia berharap, siswa-siswinya bisa bersaing menjadi duta Kepri di tingkat nasional dan mengharumkan nama baik provinsi.

“Saya harap siswa-siswi kami dapat mempersiapkan diri dengan baik. Mengikuti Training Center khusus nantinya, agar bisa bersaing di tingkat Nasional dan bisa mengharumkan nama baik provinsi Kepulauan Riau,” ujar Sarimin.

“Semoga prestasi yang telah diraih ini bisa memacu semangat belajar para peserta didik lainnya di SMAN 23 Batam agar bisa mengukir prestasi yang sama atau bahkan lebih gemilang di masa mendatang,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *