Polri Apps
banner 728x90

56 Personel Polres Karimun Laksanakan Tes Psikologi

56 personel polres karimun yang mengikuti tes psikologi.

Karimun, Owntalk.co.id – Polres Karimun melaksanakan kegiatan pelayanan psikologi yang meliputi pemetaan, PKP/E-mental, dan tes psikologi bagi anggota yang memegang senjata api dinas maupun yang mengajukan permohonan pinjam pakai senjata api. Kegiatan ini berlangsung di lantai II Gedung Catur Prasetya Polres Karimun pada Rabu (22/05/2024).

Kapolres Karimun AKBP Fadli Agus, S.I.K., M.H., melalui Kabag Sumda Polres Karimun AKP S. Binsar Samosir, S.H., M.H., menyatakan bahwa tes psikologi dimulai sejak pukul 09.00 WIB hingga selesai.

Tes ini bertujuan untuk memastikan apakah anggota layak memegang dan menggunakan senjata api dinas.

Pelaksanaan tes psikologi bagi personel Polres Karimun bekerja sama dengan bagian psikologi Biro SDM Polda Kepri. Kegiatan ini dipimpin oleh Pembina Fransiska E.M. Pora untuk pemetaan psikologi dan tes senpi organik, Briptu Glady Damanik, S.H. untuk PKP/E-mental, dan Penata TK I Juliana Manik, S.sos. untuk konseling psikologi.

Sebanyak 56 personel mengikuti tes ini, yang terbagi menjadi empat kategori: konseling psikologi (8 personel), PKP/E-mental (9 personel), pemetaan psikologi dan tes psikologi bagi anggota pemegang senjata api objek vital (8 personel), serta pemetaan psikologi dan tes psikologi bagi calon pemegang senjata api (27 personel).

“Penggunaan senjata api dinas bukan untuk gagah-gagahan, tetapi untuk mendukung pelaksanaan tugas di lapangan. Tes psikologi akan dilakukan rutin setiap enam bulan sekali untuk menilai kecerdasan dan kondisi psikologis anggota kepolisian, sehingga mereka dinyatakan layak atau tidak memegang senjata api,” jelas AKP S. Binsar Samosir, S.H., M.H.

Ia menambahkan bahwa tes psikologi ini diharapkan dapat membantu mengawasi dan mencegah penyalahgunaan senjata api yang dipinjamkan kepada anggota.

Selain itu, tes ini juga mendukung tugas di lapangan dengan memastikan bahwa personel yang memegang senjata api memiliki kondisi mental dan kecerdasan yang memadai.

“Dengan adanya tes psikologi ini, kita dapat mengawasi dan mencegah terjadinya penyalahgunaan senjata api di kalangan personel, serta mendukung mereka dalam menjalankan tugas di lapangan,” tutup AKP S. Binsar Samosir, S.H., M.H.

Pelaksanaan kegiatan ini menunjukkan komitmen Polres Karimun dalam menjaga profesionalisme dan keamanan dalam penggunaan senjata api oleh anggotanya, demi terciptanya lingkungan yang aman dan tertib.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *