Polri Apps
banner 728x90

Visi Indonesia Digital 2045 Resmi Diluncurkan

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menkominfo Budi Arie Setiadi dan Mendag Zulkifli Hasan dalam Launching Visi Indonesia Digital 2045. (Dok; YouTube Kemkominfo)

Jakarta, Owntalk.co.id – Pemerintah secara resmi meluncurkan Visi Indonesia Digital 2045 (VID 2045), sebuah strategi konkret yang bertujuan mencapai target nasional jangka panjang untuk mewujudkan Indonesia Emas 2024. Strategi ini diimplementasikan melalui tiga pendekatan utama, yaitu ekosistem, sektoral, dan kewilayahan.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, menyampaikan bahwa VID 2045 didesain dengan mempertimbangkan prioritas pembangunan dari berbagai dokumen strategis di bidang digital.

Hal ini termasuk rencana induk industri digital 2045 yang disusun oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan strategi nasional ekonomi digital yang baru-baru ini dirilis oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Menkominfo Budi Arie menekankan bahwa VID 2045 melibatkan berbagai pemangku kepentingan dengan semangat kolaboratif. Dokumen strategis ini bertujuan untuk menciptakan transformasi digital yang inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan.

“Saya berharap VID 2045 dapat menjadi acuan bagi seluruh pemangku kepentingan dalam membuat serta mengimplementasikan berbagai kebijakan yang ditujukan untuk mewujudkan dan menyukseskan transformasi digital Indonesia,” ujarnya.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo, Mira Tayyiba, menambahkan bahwa penyusunan VID 2045 telah dilakukan sejak tahun lalu dengan melibatkan konsultan internasional.

Dokumen tersebut telah melalui serangkaian uji dan pembahasan, diperkaya dengan kontribusi pemangku kepentingan, hingga akhirnya dianggap selesai beberapa waktu lalu.

VID 2045 diarahkan untuk menjadi opsi rekomendasi arah kebijakan dalam perencanaan transformasi digital. Tema yang diusung adalah “mewujudkan ekosistem digital yang inklusif dan kolaboratif berbasis inovasi untuk mendukung Indonesia maju berdaulat dan berkelanjutan.”

Meskipun VID 2045 membahas sejumlah isu digital yang luas dan kompleks, dokumen ini ditempatkan sebagai opsi rekomendasi yang bersifat living document. Ini berarti VID 2045 akan terus diperbaharui sesuai dengan perkembangan nasional, perubahan zaman, kebutuhan, dan perkembangan teknologi.

“Kami berharap VID dapat menjadi inspirasi dan dorongan bagi kita semua untuk terus bekerja sama, bersinergi, dan berkolaborasi dalam menuntaskan agenda transformasi digital. Mari bersama-sama membangun Indonesia digital untuk Indonesia maju,” tegas Sekjen Mira.

Acara peluncuran VID 2045 dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi madya, termasuk Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Sekjen Kominfo Mira Tayyiba, dan para pejabat lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *