Polri Apps
banner 728x90

Ansar Berikan Berbagai Bantuan Kepada Nelayan Kota Batam

Penyerahan bantuan kelautan dan perikanan ke Kota Batam di Barelang Seafood Restoran Jembatan 1 Kota Batam.

Batam, Owntalk.co.id – Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, kembali menyerahkan bantuan dalam rangka pembangunan sektor kelautan dan perikanan ke Kota Batam. Acara ini berlangsung di Barelang Seafood Restoran Jembatan 1 Kota Batam, Selasa (24/10).

Bantuan yang diberikan mencakup pembangunan rumah jaga tambak udang senilai Rp 150,5 juta di Kelurahan Setokok, serta bantuan budidaya rumput laut untuk 100 Keluarga Rumah Tangga Perikanan (RTP) dalam bentuk 11,5 ton bibit rumput laut.

Dari jumlah tersebut, 5,5 ton diberikan kepada 6 kelompok pembudidaya di Pulau Sugi Besar, sementara 6 ton disalurkan kepada 2 kelompok pembudidaya di Pulau Geranting.

Pulau Sugi Besar memiliki sekitar 5 hektare lokasi pengembangan budidaya rumput laut, dan Pulau Geranting memiliki 7,5 hektare, tetapi potensi pengembangan masih besar, mencapai 82 hektare.

Selain itu, diserahkan bantuan kawat bubu seberat 34 kg senilai Rp 91,8 juta dan 7 boat pancung kayu bermesin 40 PK dengan nilai Rp 637,5 juta. Terakhir, diberikan bantuan peningkatan tambak pokdakan udang vamane senilai Rp 537,8 juta untuk 10 KK RTP di Kelurahan Teluk Lengung Kabil.

Total anggaran bantuan dari sektor perikanan dan kelautan yang disalurkan kepada RTP di Kota Batam mencapai Rp 1,5 miliar.

Gubernur Ansar berharap bantuan ini akan meningkatkan usaha para nelayan dan pembudidaya, sehingga hasil budidaya rumput laut dan perikanan bisa semakin maju dan memberikan manfaat bagi kesejahteraan keluarga.

“Semoga bantuan yang kita berikan ini, bisa membantu meningkatkan usaha bapak ibu semua. Sehingga hasil budidaya rumput laut dan perikanannya semakin maju dan bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga,” pesan Ansar.

Ansar juga menjelaskan bahwa langkah ini sejalan dengan visi dan misinya, khususnya dalam percepatan pertumbuhan ekonomi berbasis maritim dan berwawasan lingkungan.

Ia menekankan bahwa potensi kelautan dan perikanan di Kepulauan Riau sangat besar dan harus dimaksimalkan.

“Sehingga besarnya potensi perikanan dan kelautan yang ada di Kepri, bisa memberikan kemanfaatan bagi masyarakat Kepri,” pintanya.

Selain memberikan bantuan, Gubernur juga membahas program pembangunan strategis di Kepri, termasuk penguatan di bidang pendidikan, kesehatan, dan perlindungan, seperti asuransi bagi nelayan kecil di seluruh provinsi.

Ketua Dewan Kehormatan DPRD Provinsi Kepri, H. Taba Iskandar, mengapresiasi keseriusan pemerintah dalam percepatan pertumbuhan ekonomi melalui sektor kelautan.

Ia berharap bantuan ini akan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat Kota Batam.

“Bantuan ini merupakan wujud keseriusan pemerintah untuk melakukan percepatan pertumbuhan ekonomi melalui sektor kelautan. Semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat,” ujar Taba Iskandar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *