Polri Apps
banner 728x90

Kemkominfo Luncurkan AISPedia, guna Tingkatkan Pemahaman Masyarakat

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo, Usman Kansong.

Jakarta, Owntalk.co.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) merilis AISPedia, buku saku elektronik yang berisi informasi dan konten dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Forum Negara-Negara Pulau dan Kepulauan (AIS Forum).

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo, Usman Kansong, menjelaskan bahwa AISPedia dapat diakses melalui tautan https://s.id/aispedia.

AISPedia merupakan kelanjutan dari upaya komunikasi publik Kemkominfo setelah sebelumnya meluncurkan G20Pedia dan ASEANPedia dalam Keketuaan Indonesia di G20 tahun 2022 dan ASEAN pada 2023.

Dalam KTT AIS Forum 2023, Indonesia sebagai inisiator bertemu dengan negara-negara partisipan untuk membahas isu-isu kelautan global.

“KTT AIS Forum 2023 juga harus kita gaungkan secara luas agar masyarakat tahu Indonesia saat ini menjadi inisiator negara-negara pulau dan kepulauan untuk membahas berbagai isu penting. Untuk memperkuat penyebarluasan informasi dan manfaatnya bagi bangsa dan masyarakat, maka kami hadirkan AISPedia ini,” ujar Usman pada Senin (3/10/2023) di Jakarta.

AISPedia, menurut Usman, menjaga tradisi Kemkominfo menyajikan informasi, data, dan konten lainnya secara lengkap, cepat, kredibel, dan terkini.

“Namun yang tidak kalah penting buku elektronik ini harus menjadi pemicu masyarakat terlibat dan mengambil peran dalam setiap gelaran forum internasional di mana Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah. Minimal memberikan dukungan sehingga gelaran berlangsung sukses dan membanggakan,” tambahnya.

AISPedia menjadi sumber informasi dan data KTT AIS Forum 2023 yang terus diperbarui oleh Tim Komunikasi dan Media sesuai dinamika pelaksanaan agenda.

Informasinya disajikan dalam dua bahasa, Inggris dan Indonesia, dan mencakup berita, foto, infografis, dan videografis terkait pertemuan serta sisi-sisi lain dari forum internasional negara-negara pulau dan kepulauan.

Usman Kansong berharap https://s.id/aispedia bukan hanya menjadi sumber informasi bagi masyarakat, tetapi juga menjadi referensi bagi media massa dalam mencari informasi terkait rangkaian kegiatan KTT AIS Forum 2023.

“Informasi di dalam AISPedia ini akan terus di-update sesuai kebutuhan dan perkembangan,” ungkapnya.

KTT AIS Forum 2023 akan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali pada 10-11 Oktober 2023 dengan tema “Membina Kolaborasi, Memajukan Inovasi untuk Laut dan Masa Depan Bersama.”

Inisiasi pertemuan ini dilakukan karena adanya permasalahan bersama yang dihadapi negara-negara pulau dan kepulauan, sehingga diperlukan kerja sama dan kolaborasi.Kolaborasi AIS Forum diharapkan memberikan manfaat bagi semua negara partisipan, termasuk Indonesia, melalui peningkatan komunikasi, berbagi pengalaman, dan percepatan penyelesaian masalah pembangunan dengan fokus pada isu-isu kelautan.

Forum ini juga akan mendorong peningkatan hubungan Indonesia dengan negara-negara pulau dan kepulauan lainnya, dengan fokus pada pembangunan ekonomi biru, tantangan perubahan iklim, dan penguatan solidaritas antara negara kepulauan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *