Jakarta, Owntalk.co.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memeriahkan ASEAN Creative Economy Week dengan menggelar pekan ekonomi kreatif berbasis komunitas yang diberi nama “CElebrASEAN 2023.” Acara ini berlangsung di kawasan Stasiun MRT Jakarta dan turut meramaikan KTT ke-43 ASEAN 2023.
Saat membuka acara CElebrASEAN di Stasiun MRT ASEAN, Jakarta, Menparekraf Sandiaga menyampaikan bahwa CElebrASEAN hadir sebagai platform promosi produk ekonomi kreatif, tidak hanya dari Indonesia tetapi juga dari negara-negara anggota ASEAN lainnya, seperti Malaysia.
“Saya yakin bahwa ASEAN Matters ini adalah peluang bagi perusahaan besar dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk tampil di CElebrASEAN. Kami berharap acara ini juga akan menjadi perayaan dari ekonomi kreatif kita,” ujar Sandiaga.
Sandiaga juga mengucapkan terima kasih kepada PT MRT atas inisiatifnya yang berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Tourism Malaysia, Tepanas, dan mendapat dukungan dari Kemenparekraf/Baparekraf.
“Koridor ASEAN ini memiliki sekitar enam ribu pengguna MRT setiap harinya dan kini telah kembali mencapai angka sebelum pandemi, yakni 100 ribu pengguna MRT per hari secara keseluruhan. Hal ini merupakan daya tarik tersendiri bagi produk UMKM. Semoga kolaborasi ini terus mendorong kemajuan ekonomi kita,” kata Sandiaga.
Selain itu, Sandiaga juga berbagi informasi tentang upayanya dalam mempromosikan pariwisata Indonesia dan mengundang para kepala negara serta delegasi yang menghadiri KTT ke-43 ASEAN untuk berwisata di Indonesia.
“Dari Korea, saya telah mengusulkan wilayah Jawa Barat, khususnya Lido, sebagai lokasi syuting yang sangat baik. Australia juga telah mengeksplorasi potensi perpanjangan kunjungan mereka hingga ke Malang untuk melihat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singosari. Sedangkan untuk Bali, semua delegasi berminat untuk mengunjunginya,” jelasnya.
“Namun, bagi Vietnam, Laos, dan Thailand, saya mengajak mereka untuk mengunjungi Borobudur agar kunjungan mereka dapat lebih panjang, lebih bermakna, dan memberikan dampak positif pada ekonomi lokal,” tambah Sandiaga.
Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT. MRT Jakarta, Muhammad Effendi, menekankan bahwa PT. MRT Jakarta tidak hanya menyediakan layanan transportasi yang aman dan nyaman, tetapi juga memberikan peluang kepada pengusaha, terutama UMKM.
“Kami memiliki ruang yang bisa dimanfaatkan, dan bekerja sama dengan Kemenparekraf yang memiliki UMKM, kami dapat bekerjasama di sini. Melalui CElebrASEAN, kami berharap dapat memberdayakan UMKM,” kata Effendi.
Bagi pengguna MRT dan masyarakat umum yang ingin menjadi bagian dari rombongan belanja, mereka dapat mengunjungi Stasiun MRT Bundaran HI dan Skybridge MRT ASEAN, karena CElebrASEAN akan berlangsung hingga 9 September 2023.
Selain itu, rangkaian acara CElebrASEAN 2023: ASEAN Creative Economy Week juga mencakup ASEAN Create! – 5P Youth Forum, yang digelar di Ballroom Nine Thamrin pada 7 September 2023. ASEAN Create! – 5P Youth Forum bertujuan untuk mempromosikan tujuan pembangunan berkelanjutan PBB kepada masyarakat, khususnya generasi muda, dengan menggunakan lima pilar SDGs (Sustainable Development Goals), yaitu manusia, planet, kemakmuran, kemitraan, dan perdamaian.
Turut hadir dalam acara ini adalah Deputi Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini; Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I Kemenparekraf/Baparekraf, Wisnu Sindhutrisno; Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf/Baparekraf, Dwi Marhen Yono; Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Erwita Dianti; dan Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani.
Turut serta juga Direktur Utama MRT Jakarta, Tuhiyat; Direktur Pengembangan Bisnis PT. MRT Jakarta, Farchad Mahfud; Direktur Tourism Malaysia, Junus Sahid; dan Pendiri Ambassador & CEO Club, Grace Sabandar.