Polri Apps
banner 728x90

Surya Makmur Diunggulkan Dampingi Marlin di Pilwako Batam 2024

Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Batam, Surya Makmur Nasution.

Batam, Owntalk.co.id – Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Batam, Surya Makmur Nasution, unggul dalam polling Sosok Potensial Mendampingi Hj Marlin Agustina di Pilwako Kota Batam. Hasil polling itu mengagetkan nitizen, karena sebelumnya Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid, digadang-gadang oleh banyak kalangan untuk maju mendampingi istri Wali Kota Batam ex officio Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam itu.

”Sebagai pemerhati politik, hasil polling ini sangat mangagetkan. Ternyata Surya Makmur Nasution mengungguli figur lain untuk mendampingi Bu Marlin Agustina sebagai Wakil Wali Kota Batam dalam Pilwako Batam pada tahun depan. Jika pada polling-polling yang dilakukan figur Surya Makmur terus mengungguli figur lain, ya, lebih baik memilih figur yang diinginkan publik demi meraih kemenangan,” kata Abi, seorang warga Batam Center, kepada Owntalk.ci.id, Selasa, 20/6/2023.

Pada polling yang ditaja sejak beberapa hari lalu, penyelenggara polling membuat pilihan wakil wali kota, antara lain (a) Jefridin; (b) Nuryanto; (c) Hasnah; (d) Putra Yustisi Respati; dan (e) Surya Makmur Nasution. Hasil akhir pada Selasa, 20/6/2023 pukul 09.30, terdapat 425 responden. Yang memilik Jefridin 179 responden; Nuryanto 22 responden; Hasnah 3 responden; Putra Yustiti Respati 7 responden; dan Surya Makmur Nasution 214 responden.

Hasil polling Sosok Potensial Mendampingi Hj Marlin Agustina di Pilwako Kota Batam (2024) itu menempatkan Surya Makmur Nasution di posisi teratas dengan persentase 50,4 persen, disusul Jefridin 42,1 persen, Nuryanto 5,2 persen, Putra Yustiti Respati 1,6 persen, dan Hasnah 0,7 persen. Hasil polling itu tergolong valid, karena setiap responden dibatasi, yakni tidak dapat memberi suara lebih dari satu kali. Hasil Pollingkita.com

Hasil polling Sosok Potensial Mendampingi Hj Marlin Agustina di Pilwako Kota Batam (2024) itu menempatkan Surya Makmur Nasution di posisi teratas dengan persentase 50,4 persen, disusul Jefridin 42,1 persen, Nuryanto 5,2 persen, Putra Yustiti Respati 1,6 persen, dan Hasnah 0,7 persen. Hasil polling itu tergolong valid, karena setiap responden dibatasi, yakni tidak dapat memberi suara lebih dari satu kali.

Elektabilitas Diragukan

Pada Pemilihan Kepala Daerah Kota Batam 2015, semula santer berita bahwa Muhammad Rudi, sang calon wali kota saat itu, akan menggandeng Jefridin Hamid sebagai wakil wali kota. Namun karena elektabilitas Sekdako Batam itu sangat rendah, akhirnya Muhammad Rudi menggandeng Amsakar Ahmad menjadi wakil wali kota, yang pada akhirnya pasangan itu berhasil menang dalam pilkada dan memimpin Kota Batam hingga dua periode.

Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid

Dalam beberapa bulan terakhir, Jefridin Hamid terang-terangan akan maju mendampingi Marlin Agustina Rudi dalam Pilwako Batam di 2024. Bahkan dalam sejumlah acara yang dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Batam, Jefridin Hamid yang masih menjabat sebagai Sekretaris Kota Batam, selalu mengeluarkan pernyataan siap mendampingi Marlin Agustina dalam Pilwako Batam 2024. Pernyataan itu merupakan bentuk kampanye karena mengajak segenap aparatur di Kota Batam untuk mendukung niat politiknya itu.

Jefridin menuturkan, apabila maju di Pilkada, sesuai aturan harus mundur sebagai pegawai negeri sipil atau yang lazim disebut pensiun dini. ”Dari segi umur dan masa mengabdi sebagai aparatur sipil negara saya sudah memenuhi kriteria, umur saya sudah 55 tahun. Saya sudah mengabdi sekitar 30 an tahun,” ujar Jefridin Hamid, saat melakukan pertemuan dengan apatur sipil negara (ASN) Kota Batam belum lama ini.

Dengan rasa percaya diri, Jefridin melanjutkan, pengalaman dia menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kota Batam, merupakan modal besar dalam untuk menjadi bagian dari pimpinan Kota Batam dalam mengambil kebijakan. ”Sekali lagi saya katakan, bila saya direstui dan mendapatkan perahu untuk ke sana, saya siap,” ucap mantan Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Batam itu.

Namun, ada tokoh Kota Batam yang tidak respek terhadap kampanye-kampanye terselubung Jefridin Hamid itu. Salah satunya pendiri Perkumpulan Anak Tempatan (Perpat), Saparuddin Muda. Dia menyebut sosok Jefridin jika dipilih mendampingi Marlin Agustina di Pilkada Batam menurutnya kurang tepat. ”Tidak Tepat, kurang tepat lah, dan harus benar-benar di pertimbangkan,” kata Saparuddin Muda, beberapa hari lalu.

Sebab, kata Saparuddin, saat ia secara langsung melakukan pantauan terhadap perkembangan politik di Batam dan menyoroti kesiapan Jefridin, dinilainya masih jauh dari kata populer. Elektabilitas Jefridin dinilai rendah dan tidak mampu mengangkat simpati masyarakat jika maju bersama Marlin Agustina. Tidak hanya itu saja, pendiri Perpat ini menilai, sosok Jefridin kurang merakyat dan menurutnya kaku dalam bergaul di Masyarakat.

”Kami sudah pantau perkembangan di lapangan, ternyata Jefridin Hamid yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, belum merakyat dan kaku,” ucap Saparuddin. Untuk itu, katanya, Saparuddin meminta tim Marlin Agustina mempertimbangkan ulang dengan matang. Rencana Jefridin memasangkan dengan Marlin Agustina harus dibahas ulang jika ingin meraih kemenangan di Pilwako Batam 2024. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *