Polri Apps
banner 728x90

Peran Parlemen Sangat Dibutuhkan untuk Menyusun Agenda ASEAN 2045

Foto: Tangkapan Layar Setpres BPMI.

Jakarta, Owntalk.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, peran parlemen sangat dibutuhkan dalam menyusun agenda ASEAN 2045 mendatang. Sehingga dapat memastikan kawasan ASEAN mampu lebih tanggap dan tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan yang menghadang di berbagai sektor. 

“Dalam jangka panjang, peran parlemen juga sangat dibutuhkan untuk menyusun agenda ASEAN 2045,” kata Presiden Jokowi saat membuka ASEAN Leaders Interface with ASEAN Inter-Parliamentary Assembly di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Rabu ( 10/5/2023). 

Dampak dari hal tersebut, akan membuat kawasan ASEAN menjadi pusat pertumbuhan, kawasan ASEAN akan menjadi lebih aman, kawasan Asia Tenggara akan menjadi lebih stabil, dan ASEAN akan menjadi lebih demokratis beberapa waktu mendatang. 

Dengan demikian, kolaborasi antara pemerintah dengan parlemen harus mutlak diwujudkan dalam mewujudkan hal-hal tersebut menjadi kenyataan. Hal itu bisa   dilakukan, berkaca pada pengalaman masa pandemi dua tahun belakangan. 

Parlemen dengan pemerintah melakukan jeda kolaborasi, sehingga menciptakan kebijakan yang ampuh dalam mengatasi wabah global COVID-19 di masing-masing negara.  Pada akhirnya, ASEAN bisa melewati masa kritis dalam penanganan wabah tersebut. 

“Dukungan parlemen di ASEAN sudah terbukti penting dan dibutuhkan, sehingga kebijakan di masa darurat pandemi dapat  dilakukan dengan cepat dan ASEAN dapat melewati masa kritis itu,” kata Jokowi. 

Pada rangkaian pertemuan hari pertama puncak KTT ke-42 ASEAN 2023, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memimpin lima pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023 di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT). 

Pertemuan yang dipimpin oleh Presiden Jokowi diantaranya adalah KTT ke-42 ASEAN (Opening and Pleno Session), Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA), Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan Pemuda ASEAN, Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC), dan Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan High-Level Task Force on ASEAN Community’s Post-2025 Vision (HLTF-ACV). 

Lima rangkaian pertemuan KTT ASEAN itu, akan ditutup secara langsung oleh Presiden Joko Widodo pada waktu malam hari. Bertepatan dengan kegiatan welcome dinner di Ayana Komodo Waecicu Beach. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *