Polri Apps
banner 728x90

ASDP Batam Direncanakan Buka Rute Tujuan Johor Bahru

Pelabuhan Telaga Punggur

Batam, Owntalk.co.id – PT ASDP Batam akan melakukan kerjasama dengan Malaysia pada sektor transportasi laut. Pelayanan angkutan Batam-Johor Bahru dengan pembukaan penyeberangan saat ini tengah melakukan penjajakan.

Hal ini diungkapkan GM PT ASDP Batam Marsidik saat menerima kunjungan MOHD Taufek Bin Daud salah satu pihak dari Johor Bahru, Malaysia ke Pelabuhan ASDP Telaga Punggur, Batam, Minggu, 2 April 2023.

“Kami menyambut baik kedatangan beliau (Taufek) kesini. Beliau melihat langsung pelabuhan ASDP Punggur,” kata Marsidik.

Kata dia, untuk moda transportasi penyebrangan lintas negara dari Indonesia ke Malaysia menggunakan kapal Roro sudah pernah dilakukan. Dan hal ini, menurutnya, hubungan kedua negara sudah terjalin dengan baik selama ini.

“Kita sudah pernah lakukan, dan ini hal yang positif. Apalagi kalau kita lihat, antara Batam dan Malaysia (Johor Bahru), jaraknya tidak jauh dan juga banyak wisatawan dari Malaysia banyak masuk kesini,” ungkapnya.

“Apalagi ketika rute ini sudah dibuka, saya yakin warga Malaysia yang datang ke Batam banyak menggunakan kendaraan mereka sendiri,” tambahnya.

Sebenarnya, kata Marsidik, PT ASDP Batam sangat siap untuk melayani rute Batam-Johor Bahru. Semua kapal Roro yang akan digunakan, telah mendapatkan serfikasi untuk penyeberangan baik lintas antar pulau, provinsi maupun lintas negara. 

“Kapal Roro kita siap secara adminitrasi dan kelayakan kapalnya juga sudah standar internasional. Kapal yang tersedia ada sekitar 14 unit kapal Roro,” ucapnya.

Kendati demikian, sambung Marsidik, ia akan tetap melakukan koordinasi dengan pihak FKPD, baik Kota Batam, Provinsi maupun pusat. Tentunya dalam hal ini, PT ASDP Batam akan mengacu regulasi yang sesuai dengan aturan Pemerintah Indonesia.

“Kami (ASDP Batam) akan melakukan Kajian awal dan akan berkoordinasi dengan pusat terkait kerjasama yg akan dibangun antara ASDP dengan pihak Kerajaan Johor Bahru, Malaysia,” ucapnya.

“Saya berharap, rute Batam-Johor Bahru bisa terealisasikan. Ini untuk kepentingan masyarakat dan daerah. Sebab, akan ada efek domoni yang akan kita dapatkan, mulai dari peningkatan perekonomian hingga meningkatnya kunjungan pariwisata Batam,” sambungnya.

Sementara itu, MOHD Taufek Bin Daud salah satu perwakilan Johor Bahru, Malaysia mengungkapkan, dibukanya rute Batam-Johor Bahru, Malaysia akan membuka peluang yang baik bagi kedua negara.

“Kami siap menyambut kapal Roro dari Batam. Segala persiapan dari kami seperti aturan dan juga pelabuhan Roro sudah ready,” ujarnya.

Ia berharap, Pemerintah Indonesia khususnya Pemerintah Kota Batam bisa memberikan peluang ini. Kata dia, akan banyak potensi yang akan diraih, seperti kunjungan pariwisata antar kedua negara.

“Akan banyak peluang yang akan kita dapatkan, seperti kunjungan wisatawan, baik dari Batam ke Johor dan sebaliknya,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *