Jakarta, Owntalk.co.id – Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menjalin kerja sama dalam mengembangkan ekosistem digitalisasi hunian pekerja konstruksi (HPK) di Ibu Kota Nusantara (IKN).
Kerja sama ini diimplementasikan melalui penandatangan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara BNI dan Kementerian PUPR pada pekan lalu.
Dalam kerja sama tersebut, BNI menciptakan konsep digital dengan mempersiapkan kartu multifungsi yang dapat digunakan sebagai sarana pembayaran dan transaksi di lokasi HPK.
Kartu multifungsi ini bisa dimanfaatkan untuk payroll gaji, sebagai kartu identitas pekerja, alat pembayaran, transaksi keuangan seperti transfer, beli pulsa, asuransi, dan lainnya, sehingga di lingkungan ini tercipta Cashless Society. BNI juga menyediakan Tapcash untuk nonpekerja di lokasi HPK.
Selain itu, kerja sama ini juga mencakup pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) pekerja konstruksi dalam rangka peningkatan literasi keuangan, melakukan publikasi dan sosialisasi program kerja sama pertukaran data dan informasi, dukungan alternatif pembiayaan dan digitalisasi transaksi bagi pekerja konstruksi melalui bisnis branchless banking BNI Agen46, serta pendampingan layanan perbankan bagi pekerja konstruksi dan fasilitas pendukung.
Pembangunan HPK tersebut dilakukan oleh Kementerian PUPR dengan membangun 22 tower HPK yang diperkirakan dapat menampung sebanyak 16.000 tenaga kerja konstruksi yang terdiri dari 18 Tower Tenaga Terampil, 3 Tower Tenaga Ahli, 1 Tower Kantor Sementara PUPR dengan luas area 10,58 Ha dan setiap tower memiliki 4 lantai.
Berbagai fasilitas pendukung juga akan disediakan seperti kantin, tempat ibadah, ruang serbaguna, klinik kesehatan, laundry, layanan transaksi perbankan, serta beberapa fasilitas penunjang lainnya agar para pekerja bisa fokus bekerja sekaligus meningkatkan kualitas pekerja Indonesia.
Pembangunan HPK ini merupakan wujud perhatian pemerintah kepada pekerja Indonesia agar bisa tinggal di hunian yang layak dan meminimalisir munculnya kawasan kumuh di sekitar IKN.
“BNI berkomitmen untuk selalu siap berkolaborasi dengan Kementerian PUPR serta Kementerian lainnya untuk menciptakan ekosistem digitalisasi bagi kemudahan layanan finansial untuk masyarakat Indonesia,” kata Direktur Network & Services BNI, Rony Venir.