Wakil Ketua DPRD Provinsi Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Foto : wakil Ketua II DPRD Provinsi Kepri, Raden Hari Tjahyono bersama dengan forkopimda mengikuti upacara hari Kesaktian Pancasila.

Tanjungpinang, Owntalk.co.id – Wakil Ketua II DPRD Kepri, Raden Hari Tjahyono beserta jajaran Foum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Ansar Ahmad mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara virtual dari Gedung Daerah Tanjungpinang,Sabtu, (1/10/2022).

Presiden RI, Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara dalam Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tingkat nasional yang dipusatkan di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tidak lepas dari peristiwa bersejarah G30S PKI yang menyebabkan gugurnya Pahlawan Revolusi yaitu sejumlah perwira militer yang menjadi korban dari peristiwa Gerakan 30 September.

Dengan tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”, yang mana dengan dilaksanakan nya kegiatan hari ini dapat dijadikan momentum untuk merefleksikan hal-hal yang telah dan harus dilakukan, untuk menjadikan Indonesia sebagai Negara yang semakin maju dan berkembang.

Presiden Jokowi dalam upacara tersebut mengawalinya dengan memimpin peserta mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa yang telah gugur.
Lalu dilanjuti dengan, Ketua MPR Bambang Soesatyo membacakan naskah Pancasila. Sementara Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dibacakan oleh Ketua DPD La Nyalla Mattalitti.

Adapun, Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan dan menandatangani naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila 2022 yang membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan, menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selepas upacara, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama dengan Wakil Presiden dan Ibu Wury Ma’ruf Amin sejenak mengunjungi Monumen Pancasila Sakti sebelum meninggalkan lokasi acara.

Adapun jajaran Forkopimda Kepri yang hadir langsung di Gedung Daerah dalam kesempatan ini Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Muhammad Ali, Kapolda Kepri Irjen Pol. Aris Budiman, Dan Lantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Kemas M. Ikhwan Madani, Sekretaris Daerah Kepri Adi Prihantara, dan perwakilan Forkompinda Kepri lainnya

Exit mobile version