Swiss-Belinn-Promotion

KNPI Tanjungpinang Siap Gelar Musda V

Foto : Panitia Musda V KNPI Tanjungpinang

Tanjungpinang, Owntalk.co.id – Musyawarah Daerah (Musda) ke – V Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tanjungpinang akan digelar pada 25 September 2022 di Hotel Bintan Plaza Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Panitia Musda telah menetapkan tahapan-tahapan Musda V Kota Tanjungpinang. Panitia mengajak seluruh Pemuda di Kota Tanjungpinang, agar dapat mengikuti Musda ini sebagai bentuk regenerasi kepemimpinan pemuda.

Ketua Karateker DPD KNPI Kota Tanjungpinang Dimas Prayoga mengatakan, untuk seluruh Organisasi Kepemudaan (OKP) se Kota Tanjungpinang dapat segera mendaftarkan OKP-nya sebagai peserta Musda V Kota Tanjungpinang.

“Musda ke- V ini adalah acara kita bersama. Undangan sudah muali kami kirimkan, Kami memberi ruang seluas-luasnya untuk diikuti oleh segenap organisasi kemasyarakatan pemuda, kemahasiswaan, lintas partai politik, keagamaan, profesi, dan kekaryaan yang ada di Kota Tanjungpinang,” terangnya pada Selasa (20/9).

Sementara itu menurut Kardoni Vernandes selaku Ketua SC Musda, menerangkan untuk jadwal dan tahapan pelaksanaan sudah ditetapkan dalam Rapat Pleno oleh Steerring Committee (SC) dan Organizing Committe (OC) Musda V KNPI Kota Tanjungpinang.

“Semua tahapan dan jadwal sudah ditetapkan, mulai dari proses pendaftaran kepesertaan KNPI Kecamatan dan OKP, verifikasi berkas persyaratan peserta, maupun Bakal Calon Ketua DPD KNPI Kota Tanjungpinang yang akan berkontestasi dan berkompetisi secara demokratis,” jelas Vernandes, yang didampingi Filemon selaku Sekretaris SC dan Paulus Hasibuan Ketua OC.

“Untuk tema besar yang akan diusung pada Musda ini adalah, Pemuda Bangkit, Tanjungpinang Maju,” jelas Vernandes lagi.

Pihaknya berharap, dari hasil pemilihan dalam Musda nanti, para pengurus terpilih mampu mensinergikan seluruh program kepemudaannya dengan visi misi pemerintahan daerah, secara kolektif.

“Selain itu, Musda KNPI Kota Tanjungpinang diharapkan menjadi ajang adu gagasan, program, visi misi seluruh kandidat yang akan berkontestasi dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kemajemukan, soliditas pemuda, pluralitas, moralitas, serta berintegritas,” tandasnya.
Sementara itu, kata Paulus selaku ketua OC, pihaknya saat ini terus melakukan persiapan pelaksanaan acara termasuk berkoordinasi dengan instansi – instansi terkait jelang Musda mendatang.

Untuk diketahui, berikut jadwal dan tahapan Musda XI DPD KNPI Kota Tanjungpinang yang akan digelar:

  1. Pendaftaran OKP : 20 September – 24 September 2022.
  2. Verifikasi OKP Peserta Musda : 24 September 2022.
  3. Pendaftaran Bakal Calon Ketua DPD KNPI Kota Tanjungpinang Periode 2022 – 2025 : 22 – 23 September 2022.
  4. Verifikasi Penetapan Bakal Calon Ketua DPD KNPI Kota Tanjungpinang Periode 2022 – 2025 : 24 September 2022.
  5. Pelaksanaan Musda V KNPI Kota Tanjungpinang : 25 September 2022.

Secara umum, persyaratan untuk dapat dipilih menjadi ketua DPD KNPI kabupaten/kota harus memenuhi syarat sesuai dengan anggaran rumah tangga (ART) KNPI pada pasal 21 tentang Dewan Pengurus Daerah Kabupaten/Kota ayat 3 yang berbunyi:

  1. Tidak melebihi 2 (dua) periode sebagai ketua.
  2. Pernah atau sedang menjabat sebagai unsur pimpinan DPD KNPI kabupaten/kota dan atau unsur pimpinan OKP nasional tingkat kabupaten/kota yang dibuktikan dengan SK kepengurusan masing-masing lembaga.
  3. Didukung sekurang-kurangnya 20% suara peserta dalam Musda KNPI Kabupaten/kota.
  4. Mendapatkan rekomendasi dukungan tertulis dari 3 (tiga) Dewan Pimpinan Kecamatan/Distrik KNPI serta sekurang-kurangnya 6 (enam) OKP nasional tingkat kabupaten/kota yang berhimpun dalam KNPI serta berstatus sebagai peserta Musda KNPI Kabupaten/kota.
  5. Menyampaikan daftar riwayat hidup dan pokok-pokok pikiran mengenai visi misi serta strategi dan kebijakan dalam memajukan KNPI dihadapan peserta Musda KNPI Kabupaten/kota.

“Untuk lebih jelasnya silahkan datang ke sekretariat pendaftaran dan akan kita jelaskan secara lebih terperinci,” ungkapnya.