Ika Unhas Terbentuk, Wacana Ikut Membangun Batam Bersama-sama

0
92
blank
Foto : Ika Unhas Kepri

Batam, Owntalk.co.id – Alumni Universitas Hasanudin Makassar (Unhas) yang berdomisili di Kepri menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) di hotel Premier Best Western, Panbil. Sabtu, (18/9)

Muswil tersebut bertujuan untuk pembentukana Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (Ika Unhas) Provinsi Kepri untuk mengakomodir para alumni tetap terhubung dengan kampus dan almamater.

Dalam proses Muswil tersebut, Hasil Musyawarah Wilayah IKA Universitas Hasanuddin Kepulauan Riau memutuskan menyerahkan mandat ke pengurus pusat untuk menunjuk pelaksana tugas ketua.

Pelaksana Ketua IKA Unhas Kepri ini akan bertugas menyiapkan kepengurusan untuk satu periode atau empat tahun.

Pembentukan Ika Unhas ini dilakukan untuk mengakomodir dinamika saat muswil, sekaligus untuk memantapkan langkah IKA Unhas Wilayah Kepri ke depan.

Sidang pembentukan IKA Unhas Kepri dipimpin Sekretaris Jenderal, Prof. Dr. Ir.Yusran Yusuf, M.Si, IPU (Ketua), Sekretaris Andi Irwan Patawari dengan anggota tiga anggota yakni Dr Ibrahim, Sahman A.T dan Suwardi Thahir.

”Sidang memutuskan menerima keinginan peserta membentuk IKA Wilayah Kepulauan Riau,” ujar Sahman, Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan, saat membacakan rantus menjadi keputusan.

Dengan demikian, lanjut Sahman, IKA Wilayah Kepulauan Riau kita setujui bersama dan menjadi keputusan. Muswil IKA Unhas Kepri yang dihadiri sekitar 93 peserta dari berbagai perwakilan fakultas dilaksanakan di hotel Premier Best Western.

Sebelum menutup sidang, Yusran Jusuf kembali menyampaikan hasil muswil, yakni peserta menyerahkan mandat ke pengurus pusat dan setuju membentuk IKA Wilayah Kepulauan Riau.

Untuk diketahui, Pembentukan wadah Alumni dan temu IKA Unhas Provinsi Kepri diinisiasi oleh Sudirman Saad, Anggota Bidang Pengelolaan Kawasan dan Investasi BP Batam yang juga merupakan alumni Unhas Fakultas hukum tahun 1982.

Sudirman menyebutkan bahwa Musyawarah Wilayah IKA Unhas Kepri ini untuk mempererat silaturahmi 435 orang alumni di Kepri yang tersebar di kabupaten dan kota, dimana didominasi sebaran alumni paling banyak di Kota Batam.

“Ini termasuk banyak jumlah alumni kita di sini. Jika dibandingkan di wilayah lainnya seperti di Pulau Jawa, Kepri termasuk banyak,” ujarnya.

Musyawarah wilayah dan temu alumni IKA Unhas Kepri ditargetkan bisa memberikan kontribusi bagi pembangunan Kota Batam dan Provinsi Kepri. Alumni Unhas yang berada di Kota Batam banyak merupakan alumni fakultas teknik dengan keahlian perkapalan diharapkan bisa menggairahkan kembali galangan kapal.

Dari data yang dimiliki oleh IKA Unhas Kepri, ada 435 orang alumni dimana didominasi fakultas teknik dengan 365 yang tersebar di Kota Batam.

Kontribusi alumni Unhas di Batam terutama di bidang galangan kapal sangat intensif, bahkan beberapa produk yang menurut saya sangat padat modal bisa dihasilkan teman-teman alumni. Batam ini adalah wilayah strategis dan berbatasan dengan negara tetangga dan alumni Unhas yang banyak dari fakultas teknik bisa memfokuskan sektor Kemaritiman,” ujarnya.

Sudirman optimistis dengan banyaknya alumni Unhas yang bergerak di bidang maritim di Kota Batam bisa diwarnai oleh almamaternya itu. Apalagi Unhas juga merupakan salah satu kampus yang menonjol di kemaritiman hingga keilmunya bisa bermanfaat bagi wilayah Kota Batam dan provinsi Kepri yang 96 persen merupakan laut.

“Pembangunan infrastruktur maritim bisa digenjot bersama alumni Unhas yang ada,” ucapnya.

Ketua Panitia Muswil dan temu Alumni Ika Unhas kepri, Asnawi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan langkah untuk mengakomodir alumni Universitas Hasanuddin yang ada di wilayah Kepri.

“Dalam catatan kami ada 435 alumni yang ada di Batam dan wilayah Kepri, ini dari berbagai jurusan dan yang paling banyak ialah dari fakultas teknik sebanyak 365 orang,” kata Asnawi.

Kegiatan Ika Unhas itu juga menjadi silaturahmi bagi alumni Unhas yang ada di Kepri sehingga peluang dan kesempatan dalam berkontribusi pembangunan kota Batam dan Provinsi Kepri.

“Alhamdulillah kami bisa berkumpul sampul jumpa dengan rektor universitas Hasanuddin dan pembentukan ikatan Alumni. Dan Alhamdulillah hasil Muswil Pimpinan pusat ikatan alumni sudah memberikan restu untuk pembentukan di Kepri,” ujarnya.

Dalam kegiatan Muswil dan Temu Alumni Ika Unhas itu juga dibahas beberapa poin penting untuk pembangunan kota Batam yakni dengan menghadirkan kelas jauh Unhas di Kota Batam dan mendorong alumni Unhas yang kebanyakan di Batam di bidang maritim untuk membantu mengembangkan sektor maritim.

“Ada beberapa poin yakni item, akan adanya pembuka kampus Unhas di Batam, alumni dan kampus akan bersinergi untuk memunculkan bisnis baru seperti galangan kapal atau maritim,” ujarnya.

Pada kegiatan Temu Alumni yang di gelar di pada Sabtu malam, kegiatan cukup meriah karena dihadiri hampir seluruh alumni yang hadir.

Kegiatan itu juga turut dihadiri Kapolda Kepri Irjen Aris Budiman, Walikota Batam sekaligus Kepala BP Batam Muhammad Rudi, Rektor Universitas Hasanuddin serta perwakilan Ika Unhas. (*)