Swiss-Belinn-Promotion
Batam  

Terima Kunjungan Ditbinmas Polda Kepri, PPM Siap Wujudkan Kamtibmas

Batam, Owntalk.co.id – Pemuda Panca Marga (PPM) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dan Kota Batam menerima kunjungan dari Ditbinmas Polda Kepri. Agenda tersebut menjadi ajang silaturahmi sekaligus mengajak Ormas PPM untuk pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas). Kegiatan tersebut berlangsung di Markas PPM Kepri, Jumat (16/09/2022).

Ada beberapa hal yang di bahas mengenai Kamtibmas, terutama bagaimana PPM bisa berperan aktif di tengah masyarakat untuk membantu polri dalam menjaga keamanan lingkungan. Sehingga, program dan kebijakan pemerintah bisa sampai dan tepat sasaran ke lingkungan masyarakat. 

Kasubdit Binpolmas Polda Kepri, Kompol Zanie Parlinggoman menuturkan, hari ini pihaknya melakukan komunikasi dengan salah satu Ormas PPM Kepri dan Kota Batam untuk mempererat tali silaturahmi. Lalu, ini juga menjadi ajang bertukarnya informasi untuk menjaga Kamtibmas di lingkungan masyarakat.

“Hari ini kami ingin bersilaturhami dengan Ormas PPM Kepri dan Kota Batam. Selain itu, kami juga mengajak PPM untuk bersama menjaga Kamtibmas hingga di lingkungan terdalam masyarakat. Ini merupakan bentuk sinergi Polri dengan masyarakat melalui Ormas untuk bersama melakukan Harkamtibmas. Kami berharap hubungan silaturahmi ini bisa berkesinambungan hingga di massa mendatang. Karena kami meyakini, melalui Ormas PPM ini bisa membantu mensosialisasilan kinerja, Program dan kebijakan pemerintah ke masyarakat,” ungkapnya. 

Ketua PPM Kepri, Safrizal Ganti Sitorus memaparkan, pihaknya mengapresiasi langkah dari Polda Kepri untuk melibatkan PPM dalam menjaga Kamtibmas. Pihaknya juga menjelaskan akan siap ikut berperan aktif dalam membantu kinerja pemerintah apalagi sifatnya positif. 

“Kami sangat mengapresiasi langkah dari Polda Kepri yang ingin melibatkan kami untuk menjaga Kamtibmas. Sebab, kami memiliki ribuan massa untuk bisa turun ke masyarakat membantu sosialisasi kebijakan serta Program pemerintah kelingkup terdalam masyarakat,” jelas pria yang akrab di sapa Ucok Cantik Sitorus tersebut. 

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil ketua PPM Mada Kepri, Harmidi Umar Husein mengatakan, hari ini Polda Kepri melakukan kunjugan ke Markas PPM untuk bersilaturahmi. Selain itu, ini merupakan langkah yang tepat untuk menggandeng dan melibatkan Ormas untuk menyampaikan program pemerintah. 

“PPM Kepri Ini merupakan organisasi yang di tuakan karena terlahir dari anak cucu keturanan pejuang kemerdekaan atau Veteran, jadi langkah yang di ambil oleh Polda Kepri sudah tepat. Apalagi organisasi masyarakat PPM ini secara sah diakui oleh negara dan memiliki SK Kemenkumham. Semoga kedepan dapat terjalinnya hubungan yang baik antara Polda Kepri dengan PPM,” kata Anggota DPRD Kota Batam tersebut. 

Bendahara Umum PPM Kepri, Mustava Menambahkan, pihaknya meyakini dengan adanya hubungan yang baik maka akan terjalinnya sinergi yang positif kedepan antara Polri dan PPM. Karena pemerintah tidak bisa bekerja sendiri melainkan harus melibatkan Organisasi masyarakat untuk menjaga Kamtibmas. 

“Jika dalam menyampaikan kebijakan dan program, pemerintah tidak bisa melakukannya sendiri. Maka dari itu mereka mengajak kami untuk membantu mengcover peran pemerintah hingga sampai ke lingkungan terdalam masyarakat. Sebab di PPM Kepri ini banyak sekali berbagai macam profesi masyarakat di dalamnya. Sehingga mampu membantu menjaga Kamtibmas dan mensosialisasikan kebijakan pemerintah,” ujaranya. 

saat Pertemuan Seluruh anggota dan Pengurus PPM Bersama Ditbinmas Polda Kepri Berlangsung

Ketua Umum PPM yang SAH, Samsudin Siregar SH., Mempunyai SK Kemenkumham dan diakui oleh Negara Republik Indonesia. 

Sekretaris Jendral PPM Kepri, Usman Jamil menjelaskan, pihaknya merupakan Organisasi yang sah di akui oleh negara karena memiliki SK Kemenkumham. Selain itu, untuk diwilayah Kepri Pihaknya juga terdaftar di Kesbangpol. Jadi ia berharap pemerintah dan aparat penegak hukum tidak lagi salah dalam mengirim undangan dan melakukan kunjungan. 

“Dengan adanya kunjugan ini kami meyakini pemerintah Kota Batam dan Kepri sudah memahami mana yang benar-benar organisasi PPM yang asli. Sebelumnya, banyak dari pemerintah yang ingin mengundang kami namun salah sasaran malah masuk ke sebelah. Jadi kami ingin memberitahukan kepada pemerintah dan Aparat Penegak Hukum, bahwa kami merupakan Organisasi PPM yang sah di akui oleh negara karena memiliki SK Kemnkumham dan terdaftar di Kesbangpol. Walaupun sebelumnya tetap undangan dari instansi sudah masuk juga ke kami, namun ada beberapa yang salah sasaran,” tegasnya. 

Sementara itu, Wakil Ketua Mada PPM Kepri, Firdaus mengungkapkan, pihaknya berharap seluruh anggota PPM dapat terlibat di setiap kegiatan pemerintahan untuk membangun Kepri khususnya Kota Batam. 

“Kami berharap PPM kepri tetap terus bisa menjalankan Visi dan Misinya di wilayah Kepri. Sehingga seluruh anggota dapat sejahtera dan mampu membantu pemerintah menjalankan programnya terutama membangkitkan perekonomian,” tutupnya. 

Karena keterbatasan kapasitas Lokasi, Agenda tersebut dihadri dan di ikuti oleh ratusan Anggota PPM Kepri dan Kota Batam.