Polri Apps
banner 728x90

Hari Keempat ASEAN Paragames 2022, Indonesia Bidik Peluang Emas dari Nomor Gemuk

Jakarta, Owntalk.co.id – Perburuan medali dari masing-masing kontingen peserta ASEAN Paragames 2022 semakin seru. Memasuki hari keempat penyelenggaraan pesta olahraga multicabang dua tahunan khusus penyandang disabilitas di kawasan Asia Tenggara di Kota Solo, Selasa (2/8/2022), 14 cabang menggelar laga mereka.

Seperti dikutip dari jadwal resmi yang dikeluarkan pihak Chief de Mission (CdM) Indonesia, Senin (1/8/2022) malam, sebanyak empat cabang di antaranya akan melaksanakan partai final seperti paraatletik, pararenang, catur, dan judo tuna netra.

Hujan emas diprediksi dapat terjadi di cabang paraatletik, di mana atlet-atlet Indonesia siap bersaing dengan rival-rivalnya untuk memboyong medali bagi Merah Putih. Mereka akan turun pada 49 dari 51 partai final yang dilangsungkan pada Selasa.

Salah satu dari mereka yakni Nur Ferry Pradana pada sehari sebelumnya telah membawa pulang sekeping emas dari nomor 100 meter putra T47. Pelatih paraatletik nasional, Slamet Widodo memberi target kepada anak asuhnya itu mampu merebut lima keping emas.

“Sebetulnya kesempatan merebut medali emas dapat dilakukan oleh siapa saja. Saya memberi beban kepada Ferry untuk merebut banyak medali, misalnya lima emas,” kata Slamet dalam jumpa pers di Media Center ASEAN Paragames 2022 Kementerian Komunikasi dan Informatika di Hotel Swiss-Belinn Saripetojo, Solo, Senin (1/8/2022) malam.

Cabang dengan jumlah final terbanyak lainnya adalah pararenang yang diadakan di Kolam Renang Jatidiri di mana ada 13 perenang tuan rumah turut ambil bagian. Mereka diharapkan mampu menambah jumlah medali Indonesia saat ini. Di samping itu, ada 16 pecatur Indonesia berpeluang menembus partai final di Lorin Hotel Solo.

Kemudian cabang judo tuna netra putra akan memulai pertandingannya Selasa yang melombakan enam kelas yang diadakan di Convention Hall Tirtonadi. Untuk cabang powerlifting putra, lifter A Hadi akan berupaya menggasak dua emas untuk kategori kelas hingga di atas 49 kg serta dari total angkatan terbaik.

Pada cabang voli duduk, Sumarno dan kawan-kawan akan berupaya lolos dari ujian Kamboja pada duel semifinal yang diadakan di UTP Sport Center.

Dalam klasemen umum sementara seperti dikutip dari website resmi ASEAN Paragames 2022, Selasa (2/8/2022) pukul 00.00 WIB, tuan rumah perkasa di urutan teratas dengan 15 emas, 10 perak, sembilan perunggu diikuti Thailand (sembilan emas, 11 perak, lima perunggu), dan Vietnam (sembilan emas, tujuh perak, lima perunggu). Pada urutan 4-5 besar ada Malaysia yang mengemas enam emas dan satu perak dikuntit Filipina yang meraup tiga emas, empat perak, empat perunggu.

ASEAN Paragames 2022 dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (30/7/2022). Perhelatan olahraga multicabang dua tahunan bagi atlet-atlet penyandang disabilitas di kawasan Asia Tenggara itu melombakan 14 cabang olahraga.

Sebanyak 1.248 atlet berkompetisi dalam 924 pertandingan untuk memperebutkan 453 medali emas, perak, dan perunggu. Event ini akan berlangsung hingga 6 Agustus 2022 mendatang. Indonesia adalah juara umum pada ASEAN Paragames 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.