Polri Apps
banner 728x90

Libatkan Masyarakat Buat Tanggul Penahan Abrasi, PT Timah Tbk Berikan Dampak Ekonomi Bagi Warga

Karimun, Owntalk.co.id — Kinerja bisnis perusahaan harus seiring dengan kontribusi positif perusahaan dalam membangun negeri. Menyadari hal ini, PT Timah Tbk terus berkomitmen untuk melibatkan masyarakat dalam proses bisnisnya sehingga bisa memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat.

PT Timah Tbk berencana akan membangun tanggul penahan abrasi sepanjang 400 meter di wilayah operasional Kepulauan Riau. Tanggul penahan abrasi ini akan dipasang di tiga titik yakni di Dusun III Mata Air Desa Kundur sepanjang 200 meter, Dusun II Desa Gemuruh 100 meter dan di Pantai Pongkar Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun 100 meter.

Emiten Berkode TINS ini melibatkan masyarakat di sekitar wilayah operasional untuk membuat tanggul penahan abrasi. Sehingga masyarakat juga mendapatkan dampak ekonomi dari program reklamasi yang dilakukan perusahaan.

Nelayan Dusun III Mata Air, Saparudin mengatakan dengan adanya pengerjaan tanggul penahan abrasi dari PT Timah Tbk memberikan tambahan penghasilan bagi mereka. Biasanya mereka mendapatkan penghasilan dari menjaring ikan.

“Saya senang dengan adanya pemasangan tanggul penahanan abrasi ini, karena rumah saya berada persis di bibir pantai. Selain itu, secara tidak langsung kegiatan ini juga memberikan dampak ekonomi untuk keluarga, karena selain menjaring ikan ada tambah pendapatan untuk keluarga dari bekerja di sini,” katanya.

Senada, warga Mata Air Firdaus yang ditemui di lokasi pekerjaan menceritakan, dirinya terbantu dengan adanya pekerjaan pembuatan tanggul penahan abrasi pasalnya bisa menambah pendapatan ekonomi kelurga.

“Saya senang terlibat dalam pembuatan tanggul penahanan abrasi ini karena sedikit banyak ada tambahan pendapatan untuk keluarga, semenjak covid -19 mewabah membawa dampak buruk bagi sektor ekonomi dan itu sangat dirasakan oleh kami yang notabene nya ekonomi kelas bawah,” terangnya.

“Semoga selesai pemasangan nanti lokasi ini bisa menjadi destinasi wisata baru di Desa Kundur seperti di pantai Teluk Dalam sehingga ekonomi masyarakat disini juga bisa terangkat,” sambungnya.

Sementara itu, Camat Kundur Barat Khaidir yang memberikan apresiasi kepada PT Timah atas kegiatan pemasangan Tanggul penahanan abrasi. Menurutnya, kegiatan ini memberikan multiflier effect tidak hanya lingkungan untuk mencegah abrasi pantai. Tapi juga memberikan pekerjaan bagi masyarakat.

“Banyak sudah yang dilakukan oleh PT Timah untuk masyarakat di wilayah kerjanya. Sejauh ini pihak perusahaan sangat konsisten terhadap lingkungan dengan berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat secara langsung harapan kita semua semoga kedepan PT Timah dapat terus maju dan berkembang,” tandasnya.