Kenali Vtuber, Trend Baru Youtuber Berwujud Animasi, Sekali Stream Dapat Disawer Penonton Hingga Ratusan Juta Rupiah

Date:

Related stories

PT Timah Tbk Serahkan Bantuan Peralatan Gerabah untuk Dusun I Parit Gantung

Kundur, Owntalk.co.id -- Untuk mendukung kegiatan masyarakat di Dusun...

Musda ke-2, KNPI Bintan Buka Calon Pendaftaran Ketua

Bintan, Owntalk.co.id - Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda...

Ketua PWI Kepri Apresiasi Lomba Orasi Owntalk

Batam, Owntalk.co.id - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi...

Pelaksanaan Car Free Day perdana di Karimun berlangsung sangat Meriah

Karimun, Owntalk.co.id - Bupati karimun Dr H Aunur Rafiq...

PT Timah Tbk Dukung Organisasi Mahasiswa Gelar Jalan Santai Kemerdekaan

Karimun, Owntalk.co.id -- Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Cabang Karimun...

Batam, Owntalk.co.id – VTuber adalah Virtual youtuber yang diwakili avatar digital yang biasanya didesain dengan grafis komputer 2D atau 3D. Mereka yang menggunakan avatar buatan komputer ini kemudian menghibur para penggemar, seperti konten kreator pada umumnya.

Menariknya, mereka tak hanya memilik fans dari kegiatan digital ini. Sebagian dari para fans pun rela menyawer hingga ratusan juta untuk konten yang disenanginya. Dilansir Japan Times, para VTuber ini dibuat dan dikelola manusia yang menyiapkan perangkat penangkapan gerak dan pembuatan film, sehingga avatar mencerminkan gerakan dan suara kehidupan nyata mereka. Seberapa mulus pergerakan avatar pun berbeda-beda. Beberapa di antaranya merupakan karakter 3D yang mampu melakukan gerakan halus dan mengubah ekspresi wajah yang meniru emosi.

Tokoh VTuber memiliki desain yang khas berupa sosok animasi terinspirasi dari anime. VTuber juga memiliki sebuah agensi yang menaungi mereka, salah satunya ialah Ichikara Inc, perusahaan rintisan yang bergerak di bidang entertainment, menaungI grup VTuber populer, NIJISANJI.

NIJISANJI memiliki lebih dari 100 VTuber anggota yang aktif melakukan berbagai kegiatan di platform streaming video seperti Youtube.

NIJISANJI saat ini beroperasi di Jepang dan telah berkembang sampai ke VirtuaReal pada April 2019, NIJISANJI ID pada Juli 2019, NIJISANJI IN (India) pada November 2019, dan Korea (KR) pada Desember 2019.

Kemunculan fenomena VTuber tidak terlepas dari unggahan Ami Yamato, seorang vlogger asal Jepang yang berbasis di Inggris. Ia mengunggah konten Youtube virtual pertama kali pada 13 Juni 2011. Ami menggunakan teknologi pencitraan komputer untuk menjadi seorang Youtuber virtual dan berinteraksi dengan penggemarnya melalui mimik wajah dan ekspresi.

Seperti layaknya Youtuber, VTuber juga terbuka dengan banyak kolaborasi, baik yang berada di dimensi 2D/3D, maupun bersama manusia asli. Terdapat sejumlah VTuber yang mengajak youtuber, utaite (penyanyi cover Jepang), produk gim, hingga artis populer untuk berbincang dan bermain bersama.

Ada beberapa VTuber paling terkenal yang bisa kamu ikuti. Salah satunya ialah Kizuna AI yang mengaku sebagai kecerdasan buatan. Kizuna AI memiliki dua kanal Youtube, yakni A.I. Channel dan A.I Games. Tokoh ini diciptakan Mori Kuraki, Tomitake, dan Tda, sedangkan pengisi suaranya masih dirahasiakan.

Selain itu, ada juga Kaguya Luna, VTuber asal Jepang yang mengawali karier pada 2017. Kesuksesannya dalam waktu singkat menginspirasi banyak VTuber lain untuk melakukan debut dan mengubah wajah dunia hiburan di Jepang. Pada 2018, ia menandatangani kontrak dengan Sacra Music, sebuah label rekaman yang merupakan anak perusahaan Sony Music.

Subscribe

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

- Browse free from up to 5 devices at once

Latest stories