9 Perbedaan Sepatu Lari Dengan Sepatu Badmintoon Supaya Tidak Salah Pilih

Date:

Related stories

Muswil IV Pemuda Pancasila Kepri Resmi Dibuka, Siapakah Nahkoda Selanjutnya

Batam, Owntalk.co.id - Pemuda Pancasila (PP) Kepulauan Riau (Kepri)...

Petugas Gabungan Gelar Razia Pajak Kendaraan di Daik – Lingga

Lingga, Owntalk.co.id - Sejumlah kendaraan bermotor terjaring razia saat...

Jelang Konser Noah, PTSP Periksa Perizinan Holywings Batam

Batam, Owntalk.co.id - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu...

NELAYAN KARIMUN TERSAMBAR PETIR SAAT MENJARING IKAN DI PERAIRAN TAKONG HIU KAB. KARIMUN

Karimun, Owntalk.co.id - Sat Polairud Polres Karimun berhasil evakuasi...

PT Timah Serahkan Bantuan Kursi untuk Mendukung Kegiatan Masyarakat Dusun II Desa Gemuruh

Kundur Barat, Owntalk.co.id -- Untuk meningkatkan sarana dan prasarana...

Jakarta, Owntalk.co.id – Anda perlu tahu beda sepatu lari dan sepatu badminton karena tidak semua kegiatan olahraga cocok memakai sepatu yang sama. Jika, Anda kerap main badminton dan hobi lari, sebaiknya mengetahui perbedaan sepatu yang dipakai untuk kedua olahraga tersebut.

Inilah Bedanya Sepatu Lari dengan Sepatu Badminton

Sepatu olahraga didesain untuk menunjang performa dalam melakukan olahraga tertentu. Misalkan gerakan lari dan main badminton yang satu mengandalkan gerakan ke depan sedangkan yang lainnya meminta gerakan yang lebih variatif. Berikut adalah beberapa perbedaan antara sepatu lari dan badminton yang perlu Anda ketahui.

1. Tingkat keempukan

Derajat keempukan sepatu lari dan badminton berbeda. Sepatu lari dirancang lebih empuk karena kaki jadi tumpuan seluruh tubuh. Beda dengan sepatu badminton yang tidak membutuhkan tumpuan sama sekali.

Oleh karena itu untuk menghindari rasa sakit atau pegal karena berlari, dibuat alas yang empuk dan nyaman. Kalau sepatu badminton memiliki bagian bawah dengan sol biasa yang berarti sepatu badminton tidak terlalu empuk.

2. Menyerap keringat

Kalau Anda membandingkan sepatu lari dengan sepatu yang lainnya, bisa terlihat kalau sepatu lari lebih unggul dalam hal penyerapan terhadap keringat. Lari lebih banyak mengalami guncangan dan memakai sepatu sampai berjam–jam.

Permainan Badminton memiliki waktu durasi yang singkat. Selain itu gerakannya tidak terlalu banyak dibandingkan aktivitas lari. Itulah sebabnya sepatu lari lebih handal dalam menyerap keringat karena fakta ini.

3. Berat

Walau tergantung dengan model dan produsennya, tapi secara umum sepatu lari lebih ringan daripada sepatu badminton. Hal ini berkaitan mobilitas dari olahraga lari yang berkaitan dengan kecepatan. Anda butuh sepatu yang ringan untuk berlari.

Kalau sepatu badminton tidak memiliki pertimbangan ini. Anda tidak melakukan olahraga badminton dengan tujuan untuk bisa lari cepat. Anda hanya perlu bergerak mengikuti bola badminton. Gerakannya lebih lebih dinamis dan flexible. 

4. Elastisitas

Elastisitas bahan sepatu badminton mempengaruhi gerakan sehingga pemakainya dapat leluasa melakukan manuver. Bagian elastis dari sepatu badminton dapat terasa pada bagian jempol dan jari kaki.

Berlari juga perlu kebebasan bergerak, tapi bila dibandingkan dengan gerakan badminton maka bahan elastisitasnya lebih baik. Perhatikan ketika lari dan bagian depan sepatu sampai tertekuk. Kalau Anda ingin berlari menggunakan sepatu lari untuk melakukan gerakan demi gerakan.

5. Kasa pada Bagian Atas

Umumnya sepatu lari memiliki tambahan kasa pada atas sepatu. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga berat badan stabil ketika berlari baik cepat maupun jogging. Kalau sepatu badminton tidak ada fitur tambahan ini karena memang tidak dibutuhkan.

Sepintas kasa terlihat hanya sebagai bagian hiasan dari sepatu. Padahal, keberadaannya sangat mempengaruhi ruang gerak Anda. Aktivitas berlari dapat dilakukan dengan optimal dengan kecepatan yang mumpuni.

6. Non Marking Sole

Perhatikan sol sepatu lari dan badminton. Pada sepatu badminton ada bagian terpisah menjadi dua bagian. Satu sebagai penahan di dekat tumit dan satu lagi dekat jari dengan rongga kecil di tengahnya.

Sepatu badminton pakai non marking sole yang tidak membekas walau gerakannya kerap menggesek lapangan. Kalau sepatu lari tidak membutuhkannya karena gerakan lari benar–benar berbeda.

7. Cepat Rusak

Beda sepatu lari dan sepatu badminton bisa dilihat dari segi keawetan. Sepatu badminton lebih tahan lama karena bahan, gerakan dan lain sebagainya. Sepatunya jadi tidak mudah rusak karena pemakaiannya yang tidak sesering sepatu kari.

Kalau dipakai untuk waktu yang cukup lama, biasanya sepatu lari akan cepat rusak dan perlu diganti dengan sepatu yang baru. Beda dengan sepatu badminton yang bisa dipakai berbulan–bulan atau tahunan dan tidak perlu mengganti sepatu sesering mungkin. 

8. Lebih Rentan Gesekan

Sol sepatu didesain agar tidak menempel di lantai adalah kelebihan sepatu badminton daripada sepatu lari. Pemain badminton kerap menggesek ke lapangan dengan gerakan lincah. Kalau sepatu lari bergerak dengan mengangkat kaki sehingga tidak ada gerakan tersebut. 

9. Cocok Untuk Indoor

Sepatu badminton lebih cocok untuk pemakaian indoor daripada sepatu lari. Hal ini karena desain sepatu badminton yang dibuat lebih dekat dengan lantai tempat orang bermain badminton. Bagian alas sepatu lebih kesat sehingga dapat bergerak lebih leluasa.

Fitur ini kerap Anda temukan pada olahraga yang badminton dalam ruangan. Kalau sepatu lari lebih untuk beraktivitas diluar rumah. Jadi, jangan sampai salah pilih sepatu karena desain dan bentuknya sangat berbeda.

Itulah beberapa beda sepatu lari dan sepatu badminton yang perlu Anda ketahui bila melakukan keduanya. Perbedaan mendasar terletak pada gerakan lari dan main badminton. Oleh karena itu, memakai sepatu lari untuk badminton bisa membuat kaki cedera, begitu pula sebaliknya.

Anda bisa membeli sepatu Eagle untuk bermain badminton atau lari sesuai dengan kebutuhan Anda. Temukan jenis sepatu yang pas hanya di Blibli. Marketplace ini menawarkan berbagai jenis sepatu olahraga dengan ciri khasnya masing–masing. Ada banyak toko online di Blibli yang bisa dilihat dan bandingkan baik mengenai fitur sepatu maupun tampilan atau harganya.

Blibli menawarkan berbagai kategori produk sehingga terdapat banyak pilihan. Beberapa diantaranya yaitu jenis dan merk sepatu. Hal ini tentu akan memudahkan Anda untuk mencari detail beda sepatu lari dan sepatu badminton melalui deskripsi produk pada Blibli.

Subscribe

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

- Browse free from up to 5 devices at once

Latest stories