Jaga Kondusifitas Cheng Beng di Meranti, Polres Siagakan 45 Personil

Meranti, Owntalk.co.id – Untuk menjaga situasi yang kondusif saat Cheng Beng atau Sembahyang Kubur oleh warga Tionghoa, Polres Kepulauan Meranti menyiagakan sebanyak 45 personil, mulai Minggu (27/3/2022) pagi.

Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH, melalui Kabag Ops Kompol Yudi Setiawan SH MH mengatakan, Cheng Beng pada tahun ini dilaksanakan dengan penerapan disiplin protokol kesehatan (prokes) Covid-19 secara ketat.

“Sebanyak 45 personil yang kita turunkan untuk menjaga kondusifitas Cheng Beng pada tahun ini. Jadi, Kapolres menginstruksikan pelaksanaan sembahyang kubur di tengah pandemi ini harus menerapkan prokes secara ketat. Terutama, memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan,” ungkapnya

Lebih lanjut, Kabag Ops Yudi menyampaikan, bahwa selain Cheng Beng, para personil juga melaksanakan patroli disetiap tempat pemakaman umum (TPU) umat muslim. Hal itu karena, saat ini masyarakat juga melakukan ziarah kubur menjelang Ramadhan 1443 Hijriyah.

“Karena ada momentum yang bersamaan saat Cheng Beng, yakni dan ziarah kubur oleh umat muslim menjelang puasa Ramadhan, maka personil juga kita arahkan melakukan patroli di setiap TPU, agar semuanya berjalan aman dan kondusif,” sebutnya.

Sementa itu, Koordinator Yayasan Sosial Umat Beragama Budha (YSUBB) Kepulauan Meranti, Tjuan An SH menyampaikan, kegiatan Cheng Beng bagi warga Tionghoa tahun ini dimulai pada 27 Maret hingga 05 April 2022.

“Tentunya kita mendukung upaya pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona. Untuk itu, Cheng Beng tahun juga tidak terlepas dari penerapan protokol kesehatan, secara ketat. Kita berterima kasih kepada Kapolres, karena sudah menyiagakan personil untuk menjaga situasi yang kondusif bagi sembahyang kubur kali ini,” ucapnya(rilis/koko)

Exit mobile version