Kementrian ESDM Mengapresiasi Penangkaran Rusa di Mini Zoo Kundur Park Milik PT Timah Tbk

Date:

Related stories

PT Timah Tbk Serahkan Bantuan Peralatan Gerabah untuk Dusun I Parit Gantung

Kundur, Owntalk.co.id -- Untuk mendukung kegiatan masyarakat di Dusun...

Musda ke-2, KNPI Bintan Buka Calon Pendaftaran Ketua

Bintan, Owntalk.co.id - Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda...

Ketua PWI Kepri Apresiasi Lomba Orasi Owntalk

Batam, Owntalk.co.id - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi...

Pelaksanaan Car Free Day perdana di Karimun berlangsung sangat Meriah

Karimun, Owntalk.co.id - Bupati karimun Dr H Aunur Rafiq...

PT Timah Tbk Dukung Organisasi Mahasiswa Gelar Jalan Santai Kemerdekaan

Karimun, Owntalk.co.id -- Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Cabang Karimun...

Kundur, Owntalk.co.id – Tak hanya mengelola lingkungan lahan pasca tambang, PT Timah Tbk juga berupaya untuk melakukan konservasi satwa yang dilindungi.

Upaya konservasi satwa yang dilakukan emiten Berkode TINS ini seperti membentuk mini zoo yang terletak di sekitar Komplek PT Timah Tbk di Unit Produksi Kundur. Di kawasan ini juga terdapat penangkaran rusa tutul.

Mini zoo ini menjadi tempat berbagai satwa dilindungi seperti seperti rusa tutul,Burung merak, dan iguana. Semua satwa ini dapat tumbuh dan berkembang. dan saat ini sedang dalam perbaikan untuk dipersiapkan menjadi tempat wisata bagi masyarakat yang aman dan nyaman.

Penangkaran rusa yang terletak di mini zoo ini juga turut menjadi perhatian Kementerian ESDM. Plt Direktur Teknik Kementerian ESDM Muhammad Wafid sempat mengunjungi kawasan ini di sela-sela kunjungan kerjanya untuk melakukan pemantauan ke unit Produksi Kundur pada Kamis (24/3/2022).

Dalam kunjungan ke mini zoo,Wafid beserta jajarannya terkesima dengan keindahan di lokasi tersebut.karena tidak menyangka di lokasi PT Timah Kundur ada beberapa satwa yang hidup dan berkembang biak dengan baik.

“Ini sangat bagus, karena PT Timah bisa memanfaatkan lokasi yang dapat digunakan oleh masyarakat. Ini sebuah inovasi yang dilakukan oleh PT Timah dari lokasi bekas tambang untuk dapat di jadikan lokasi wisata, yang secara ekonomi akan memiliki dampak positif terhadap masyarakat sekitar,” katanya.

Ia berharap, kawasan mini zoo ini bisa dikelola dengan baik dan dapat ditambah berbagai jenis satwa lainnya. Ini juga ada untuk sarana olahraga juga seperti joging track dan lainya. Sehingga selain berwisata para pengunjung juga bisa berolahraga.

Pembuatan mini zoo ini juga termasuk dalam Reklamasi lingkungan yang mana lokasi bekas tambang bisa di jadikan lokasi baru yang bermanfaat untuk masyarakat banyak.

Selain itu, di kawasan ini juga terdapat hutan kota yang dapat ditata dengan baik, sehingga satawa endmik seperti burung dan lainnya memiliki tempat yang nyaman untuk berkembang.

Salah satu pengunjung Dewi (36) yang tinggal di seputaran komplek PT Timah nampak sedang membawa anaknya untuk melihat rusa sangat senang dengan adanya kawasan mini zoo ini. Karena bisa menjadi wahana bermain bagi anaknya.

” Saya senang disini ada mini zoo Kundur Park, terutama anak saya sangat bahagia bila di ajak kesini,” katanya.

“Di kabupaten Karimun sendiri belum ada lokasi wisata seperti kebun binatang ini. Jadi wajar kalau di sini ramai yang datang,” sambungnya.

Untuk saat ini sejak Pandemi covid-19, taman Kundur Park ( Mini zoo) belum bisa dibuka seperti biasanya sesuai arahan dari Pemerintah Kabupaten Karimun. Sehingga moment ini manajemen memanfaatkan waktu untuk melakukan perbaikan di Kundur Park sehingga nantinya akan membuat pengunjung semakin nyaman.(rilis/koko)

Subscribe

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

- Browse free from up to 5 devices at once

Latest stories