Polri Apps
banner 728x90

Persiapan Puasa bagi Pengidap Diabetes

Berita Kesehatan
Penting bagi orang dengan diabetes untuk memastikan kondisi dengan ahli terlebih dahulu sebelum berpuasa (Foto : Google)

Jakarta, Owntalk.co.id – Bulan puasa akan menjadi salah satu tantangan bagi pengidap diabetes. Bagaimana tidak? Pola makan saat berpuasa akan berdampak bagi para pengidap diabetes.

Penting bagi orang dengan diabetes untuk memastikan kondisi dengan ahli terlebih dahulu. Imbauan ini disampaikan oleh ahli gizi dari Universita sIndonesia, Inge Permadhi.

Ia mengimbau pengidap diabetes untuk melakukan skrining terlebih dahulu. Hal ini untuk mengetahui apakah ia diperkenankan untuk berpuasa atau tidak.

Pengidap diabetes yang diperbolehkan berpuasa jika kondisi gula darah tergolong stabil. Namun dengan catatan, saat merasa tidak enak badan di tengah berpuasa, Anda disarankan untuk segera berbuka.

Bukan hanya itu, Inge juga mengingatkan agar penderita diabetes mengenali gejala hipogliklemia, yaitu kondisi saat kadar gula darah rendah atau berada di bawah batas normal.

Jika ingin berpuasa, Inge juga menyarankan agar pengidap diabetes untuk sahur mendekati waktu imsak. Ini diharapkan dapat menjadi pertahanan terhadap rasa lapar.