Ketua KPK dan Ketua Umum JMSI Disambut Silat penyambutan dan di Pakaikan Tanjak Tebing Runtuh

Batam, Owntalk.co.id – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Firli Bahuri meresmikan kantor Sekretariat JMSI Kepri yang beralamat di Kawasan King Business Centre (KBC) Blok A5 No.18/19, Batam Center pada Sabtu (19/3).

Saat tiba di lokasi peresmian ketua KPK RI dan ketua Umum JMSI kedua tokoh tersebut disambut dengan tari silat persembahan.

Usai mendapat sambutan tari silat persembahan kedua tokoh tersebut di sematkan tanjak oleh pembina JMSI Kepri, Yan Fitri Halimansyah.

Tanjak pertama disematkan oleh pembina JMSI Kepri kepada ketua KPK RI Firli Bahuri.

Tanjak yang dikenakan ketua KPK RI ialah Tanjak Tebing Runtuh biasanya diberikan penganugrahan kepada para sultan di Kesultanan Riau-lingga dan Deli Serdang.

Tanjak kedua, yang disematkan kepada ketua Umum JMSI Teguh Santosa oleh pembina JMSI.

Tanjak Nahkoda Therong ialah tanjak yang dipakai oleh nahkoda Laksamana suku terong yang mengawasi perbatasan kesultanan Riau Lingga.

Kemudian ketua KPK dan Ketua Umum JMSI Disambut langsung oleh pembina JMSI, Sekda Kepri, wakil walikota Batam Amsakar Achmad Bupati Karimun, Ainur Rofiq.

Ketua JMSI Kepri, Eddy Supriatna mengatakan bahwa pemberian tanjak dan tari silat persembahan itu ada bentuk pelestarian budaya Melayu.

“Kita di Tanah Melayu, kita ingin menunjukkan kebudayaan Melayu,” kata Eddy.

Eddy mengharap dengan filosofi dan semangat tanjak kepada kedua tokoh tersebut diharapkan bisa menjadi semangat tersendiri.

“Mudah-mudahan tanjak yang disematkan itu bisa memberikan energi positif bagi tugas kedua tokoh tersebut,” Ujarnya.

Exit mobile version