Polri Apps
banner 728x90
Berita  

Wacana Booster Vaksin Keempat

Berita Terkini
Ilustrasi vaksin booster (Foto : Google)

Jakarta, Owntalk.co.id – Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono serukan adanya peluang Indonesia memberlakukan program vaksinasi virus corona (Covid-19) lanjutan atau booster keempat.

Hal ini dilakukan apabila studi analisis di masa mendatang menunjukkan bukti empiris.

Namun, terkait kebijakan suntikan dosis keempat itu tidak akan diberlakukan dalam waktu dekat mengingat pemerintah masih fokus untuk menyelesaikan program vaksinasi primer dosis satu dan dua yang dijadwalkan rampung Juni 2022.

Dante juga mengingatkan masih banyak sejumlah warga yang belum menerima vaksin dosis kedua bahkan pertama. Capaian vaksinasi per Rabu (23/2) pukul 12.00 WIB, sebanyak 190.092.902 orang telah menerima suntikan dosis pertama. Sementara sebanyak 141.806.330 orang juga telah rampung menerima dua dosis suntikan vaksin.

Dengan demikian, target vaksinasi pemerintah sudah menyentuh 91,27 persen dari sasaran vaksinasi dosis pertama. Sedangkan suntikan dosen kedua baru berada di angka 68,09 persen. Total sasaran sebesar 208.265.720 orang.

Rencananya, setelah vaksinasi primer lengkap, pemerintah akan evaluasi uji klinik dan epidimiologi tentang kemungkinan keperluan booster keempat.