Polri Apps
banner 728x90

Hasil Laut Indonesia Masih Jadi Primadona Pasar Dunia

Jakarta, Owntalk.co.id – Pada Kamis, 10 Februari 2022, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga memecah kendi di kepala truk yang mengangkut rajungan. Ritual itu menandai pelepasan ekspor rajungan senilai USD500 ribu ke Kanada.

Pelepasan ekspor itu diinisiasi PT Aruna Jaya Nuswantara di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Kehadiran Wamendag Jerry sebagai dukungan kepada para pelaku usaha, khususnya usaha kecil dan menengah (UKM) serta perusahaan rintisan (startup) agar terus mengembangkan produknya dan meningkatkan ekspor ke pasar global.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Chief Excecutive Officer PT Nirwana Segara Aik Wulandari, dan Chief Sustainability Officer Aruna Indonesia Utari Octavianti. Kementerian Perdagangan mencatat, sektor perikanan laut dan produk perikanan menunjukkan kinerja ekspor yang menggembirakan selama pandemi Covid-19.

Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) dan ITC Trademap, nilai ekspor produk perikanan Indonesia pada 2021 mencapai USD4,06 miliar atau tumbuh positif 6,92 persen dibandingkan pada 2020. “Diharapkan Aruna dapat terus memberi kontribusi bagi kinerja yang menggembirakan tersebut,” jelas Wamendag Jerry.

Wamendag Jerry menambahkan, kondisi sebagian besar negara eksportir utama produk perikanan dunia menurun cukup siginifikan dibanding tahun sebelumnya. Tapi itu berbanding terbalik dengan Indonesia. Data menunjukkan Tiongkok menurun 11,33 persen, Norwegia 8,23 persen, Vietnam 6,90 persen, India 19,4 persen, dan Chile 14,08 persen.

Halaman selanjutnya…