Pemerintah Tonga Laporkan Kehancuran Besar Pasca Erupsi dan Tsunami Tonga

  • Bagikan
Letusan gunung picu tsunami di Tonga (Foto : Google)

Jakarta, Owntalk.co.id – Melalui sebuah pernyataan perdana pasca-tsunami, Pemerintah Tonga menuturkan Tonga telah mengalami kehancuran besar yang tidak pernah terjadi sebelumnya akibat letusan gunung api hingga memicu tsunami Tonga.

Dilaporkan bahwa pulau-pulau kecil yang terpencil terdampak gelombang tsunami. Rumah-rumah rusak parah dan hanya menyisakan dua rumah yang selamat.

Upaya bantuan menjadi terhambat diakibatkan erupsi hujan abu yang turun. Para relawan diketahui membersihkan landasan udara agar memungkinkan pesawat membawa sejumlah bantuan ke daerah terdampak.

Pemerintah Tonga juga mengonfirmasi tiga kematian, dua penduduk setempat dan satu warga negara Inggris dilaporkan meninggal.

Pemerintah Tonga dalam laporan terbarunya menyebut layanan internet mati total di daerah itu. Tonga saat ini tengah berusaha memulihkan jaringan komunikasinya. Kabar baik, sejumlah layanan telepon lakal tersedia.

Tak hanya jaringan komunikasi, pemerintah juga melaporkan evakuasi di pulau-pulau yang terdampak sedang berlangsung. Selain itu, pasokan air di wilayahnya juga tercemar abu vulkanik.

  • Bagikan