Polri Apps
banner 728x90
Berita  

Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 Mendatang

Berita Terkini Batam

Jakarta, Owntalk.co.id – Ketua DPR Dr. (H.C.) Puan Maharani menyatakan bahwa DPR RI secara resmi menjadi tuan rumah Inter-Parliamentary Union (IPU) General Assembly yang diadakan pada 20-24 Maret 2022 mendatang, bertempat di Nusa Dua, Bali.

IPU Assembly merupakan satu-satunya Forum Global yang menyatukan anggota parlemen dari seluruh dunia untuk membahas dan mempromosikan berbagai agenda internasional yang menjadi perhatian bersama.

Pertemuan IPU ke-144 ini akan menjadi pertemuan Majelis kedua setelah pandemi.

Pada penutupan IPU General Assembly ke-143, di IFEMA Palacio Municipal, Madrid, Selasa (30/11/2021) malam, Puan mengatakan bahwa tidak ada tempat yang lebih baik untuk bertemu selain di Bali. Delegasi Parlemen nantinya dapat menggabungkan antara melaksanakan misi diplomasi parlemen sekaligus menikmati pesona keindahan yang ada di Pulau Dewata itu.

Kegiatan ini nantinya akan dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat dan disesuaikan dengan perkembangan penyebaran virus Covid-19 di awal tahun 2022.

Baca Juga :

Ia menekankan bahwa Indonesia telah memperlihatkan kemajuan besar dalam penanganan pandemi Covid-19. Puan juga menghimbau kepada para anggota IPU untuk tidak perlu khawatir saat datang ke Bali, karena lebih dari 87 persen masyarakat Bali sudah mendapatkan vaksinasi penuh. Di Indonesia secara keseluruhan, vaksinasi akan mencapai target 100 persen pada Maret 2022.

IPU akan terus bekerja sama untuk menciptakan perdamaian, demokrasi, hak asasi manusia, kesetaraan gender, pemberdayaan pemuda dan pembangunan berkelanjutan melalui dialog politik, kerjasama dan aksi parlemen.

Selain itu, Sidang IPU ke-144 ini nantinya akan menjadi forum penguatan kerja sama parlemen untuk berbagi pengetahuan, pengalaman dan praktik tentang langkah-langkah terbaik untuk mengatasi pandemi dan isu-isu global lainnya yang masih menjadi masalah bersama.

IPU Assembly diadakan dua kali dalam setahun di berbagai kota di dunia, diadakan secara bergilir. Organisasi ini memiliki 179 Anggota Lembaga Parlemen dan 13 Anggota Asosiasi.