Polri Apps
banner 728x90

Breaking News! Pekerja Wisma Atlet Terinfeksi Covid-19 Varian Omicron

Ilustrasi virus corona. (Sumber: google)

Jakarta, Owntalk.co.id – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengkonfirmasi Covid-19 varian Omicron sudah masuk ke Indonesia.

Melalui kanal YouTube Sekretariat Kementerian Kesehatan RI, Budi mengungkapkan kasus ini terdeteksi pada seorang petugas kebersihan yang bertugas di RS Wisma Atlet.

“Seorang pasien berinisial N terkonfirmasi varian Omicron pada 15 Desember,” ujarnya dalam konferensi pers digital, Kamis (16/12/2021).

Terdapat tiga pekerja kebersihan di Wisma Atlet yang di tes dan hasilnya positif Covid-19. Kemudian pada 10 Desember dilakukan genome sequencing dengan hasil satu orang positif covid-19 varian Omicron.

“Hasilnya keluar 15 Desember, yakni dari tiga orang yang positif tadi, satu orang dipastikan (terpapar) varian Omicron,” jelasnya.

Baca Juga:

Ketiga orang tersebut positif tanpa gejala seperti demam, batuk dan gejala lainnya, ketiganya pun telah menjalani karantina di Wisma Atlet.

Keberadaan varian Omicron sendiri telah dilaporkan ke WHO dan menunjukkan penyebaran sangat cepat di Afrika Selatan. Diketahui potensi penularan hingga mencapai 500 persen, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun mengklasifikan varian Omicron ke dalam kategori variant of concern (VoC), tanpa melalui kategori varian of interest (VoI).

Sudah lebih dari 72 negera terinfeksi varian ini. Meski di nyatakan dalam varian tanpa gejala akan tetapi Inggris telah melaporkan kasus kematian pertama Covid-19 varian Omicron awal pekan ini.