Polri Apps
banner 728x90

Indonesia Luncurkan Pesawat Amphibi, Bisa Digunakan di Laut dan Udara

Jakarta, Owntalk.co.id – PT Dirgantara Indonesia selama ini aktif memproduksi alat kedirgantaraan, khususnya pesawat terbang. Pesawat N219 merupakan pesawat komersial yang sedang dikembangkan yaitu dengan diproduksinya pesawat N219 jenis amphibi (N219A).

Pesawat itu dapat melakukan lepas landas dan pendaratan di permukaan air. Tentunya, pesawat ini begitu sesuai dengan karakteristik Nusantara sebagai negara kepulauan. Kemenko Marinves sangat mendorong pengembangan pesawat N219 Amphibi karena kegunaan sangat diperlukan bagi negara kepulauan seperti Indonesia.

“Pesawat ini telah diproduksi dengan mengedepankan TKDN, sehingga hasil karya dalam negeri ini tentu mendukung pengembangan konektivitas darat dan laut di indonesia,” kata Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marinves Ayodhia GL Kalake yang melaksanakan kunjungan lapangan ke PT Dirgantara Indonesia, pada pertengahan November lalu.

Fleksibilitas yang dimiliki pesawat jenis ini mampu mencakup darat, danau, dan sungai besar, hingga teluk dan laut. Selain itu, amphiport (airport untuk pesawat amphibi) dapat dibangun dengan lebih mudah dan murah dibandingkan dengan airport pada umumnya. “Diharapkan industri kedirgantaraan Indonesia terus berkembang pesat dan mampu memperkuat industri dalam negeri demi masa depan bangsa,” tutup Deputi Ayodhia.

Halaman selanjutnya…