“Bersih Nagari” Puncak Hari Jadi Tulungagung ke-816 di Tengah Pandemi

  • Bagikan

Tulungagung,Owntalk.co.id – Pemerintah Kabupaten Tulungagung menggelar prosesi upacara Bersih Nagari dalam rangka memperingati Hari Jadi Tulungagung ke-816 di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bangsa, Kamis, (18/11/2021).

Kegiatan Bersih Nagari dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Tulungagung, serta jajaran pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tulungagung.

Bupati Tulungagung, Maryoto Bhirowo mengatakan, pelaksanaan upacara bersih nagari itu merupakan sebuah tradisi yang dilakukan setiap tahun dalam rangka Hari Jadi Tulungagung. 

“Hari lahir Tulungagung dihitung berdasarkan Prasasti Lawadan,” katanya.

Maryoto menambahkan, di HUT Kabupaten Tulungagung yang ke- 816 pihaknya kedepan akan memprioritaskan percepatan pembangunan infrastruktur, dan tempat prasarana sosial.

“Terus terang saja musim penghujan jalan-jalan banyak yang rusak,” kata bupati. 

Selain itu, Bupati Maryoto menyatakan, capaian yang dapat dilihat di HUT Tulungagung kali ini, adalah sistem pemerintahan yang lebih tertata.

“Di desa-desa sudah tidak ada perbedaan yang mencolok, antara desa dan perkotaan,” terangnya.

Sementara itu, Kabag Humas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung, Ahmad Mugiyono mengungkapkan, untuk pelaksanaan bersih nagari kali ini, tamu undangan dibatasi. Menurutnya, hal itu sebagai salah satu upaya untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

“Hanya dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta Istri, dan tidak ada undangan dari Kabupaten tetangga. Estimasi undangan sekitar 80,” terangnya. 

Maryoto menjelaskan, prosesi arak-arakan yang biasanya dilakukan di depan Kantor Pemkab Tulungagung menuju Pendopo Tulungagung juga ditiadakan.

“Jadi mulai dari alun-alun menuju ke Pendopo,” jelasnya.

Selain itu kata Mamad, untuk menghindari kerumunan, kegiatan wayangan di malam puncak HUT Tulungagung kali ini juga ditiadakan.

“Selain wayangan lomba-lomba di eks Kawedanan juga ditiadakan,” tuturnya.

Mamad menilai, meski perayaan HUT Tulungagung dilakukan secara terbatas. Hal itu tidak menghilangkan kesakralan perayaan HUT Kabupaten Tulungagung.

“Karena sakralitasnya itu di Bersih Nagari dan Murwokolo. Kalau Murwokolo bakal dilaksanakan Senin, (22/11/2021) untuk penutup,” pungkasnya.

Sementara itu, Koordinator Pelaksana HUT Ke- 816 Pemkab Tulungagung, Sudigdo Prasetyo mengungkapkan, pelaksanaan bersih nagari memang dilakukan dengan terbatas.

Mulai dari iring-iringan yang diperpendek, penerapan aplikasi Peduli Lindungi, dan durasi acara yang diperpendek.

“Acara bersih Nagari hanya 1 Jam 30 menit. Jadi sangat terbatas,” tutupnya. (Sar) 

Penulis: Sarwo Editor: Anwar Anas
  • Bagikan