Polri Apps
banner 728x90

Soroti Kasus Perusakan KIP CBL, Inaker Bakal Surati Kejagung, Komisi III DPR RI, Serta Presiden

Bangka Belitung, Owntalk.co.id — Ketua Pengurus Daerah (PD) Indonesia Bekerja (Inaker) Kabupaten Bangka, Leonardo, meminta pihak Kejaksaan Negeri Bangka untuk serius dan profesional menangani perkara kasus perusakan Kapal Isap Produksi (KIP) CBL yang terjadi pada Juli 2021 lalu di perairan Deniang, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka. 

Hal itu ia utarakan setelah mendengar kabar kalau tujuh tersangka dalam kasus tersebut kini mendapatkan penangguhan penahanan dari pihak Kejaksaan Negeri Bangka. 

“Dari awal Inaker Kabupaten Bangka sudah concern mengawal dan mendorong penegakan hukum sesuai dengan aturan hukum di negara ini. Karena itu kita tidak menginginkan adanya pencideraan terhadap penegakan hukum yang ada di Bangka Belitung,” ucap Leonardo dalam wawancaranya Kamis (04/11/2021) siang di Terash Mini Cafe, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka. 

Leonardo turut mempertanyakan kemudahan penangguhan penahanan para tersangka yang sebelumnya pernah menerima penangguhan serupa ketika masih menjadi tahanan Polda Bangka Belitung. 

“Ini sudah kedua kali penangguhan. Padahal kita cukup tahu ini adalah kasus besar yang sempat viral video dan foto-foto perusakannya. Sudah sangat jelas unsur pidananya. Tapi, kok, dengan mudahnya para tersangka ini mendapatkan penangguhan,” ujarnya.

Baca Juga :

Leonardo berpendapat bila kasus ini tidak ditangani secara serius dan profesional maka akan menjadi preseden buruk bagi penegakan hukum di negara ini, termasuk berimbas pula terhadap iklim investasi pertambangan di Bangka Belitung ke depan. 

Karena itu PD Inaker Kabupaten Bangka dalam waktu dekat ia katakan akan beraudiensi ke pihak Kejaksaan Negeri Bangka dan Kejaksaan Tinggi Bangka Belitung guna membahas kasus tersebut secara tuntas.