Buka Peluang Usaha untuk Masyarakat, Komunitas Minang Batam Gelar Pelatihan Tata Rias Pengantin

  • Bagikan

Batam, Owntalk.co.id – Komunitas Minang Batam (KMB) bersama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). memberikan pelatihan tata rias pengantin dengan tema pengantin Minang dan Melayu Modern.

Agenda yang berlangsung di Meeting Room Hotel Goden Bay tersebut di ikuti puluhan mahasiswa dan masyarakat kota Batam. Hal tersebut bertujuan, selain menambah skill juga bisa menjadi peluang usaha bagi masyarakat.

Acara tersebut, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan penampilan tari persembahan Sekapur Sirih dari Sanggar Seni dan Budaya Tuah Serantau. Pelaksanaan kegiatan diawali dengan penyerahan secara simbolis alat-alat makeup oleh pengurus Komunitas Minang Batam, Wanda Pratama, kepada salah seorang peserta pelatihan tata rias pengantin.

Ketua Umum Komunitas Minang Batam (KMB), Indra Dinan mengatakan, pelatihan tata rias tahun ini (2021) mengambil tema tata rias pengantin karena lebih mudah diaplikasikan. Sehingga lebih cepat memberikan pemasukan bagi warga peserta pelatihan.

“Selain banyak peminatnya, di masyarakat juga banyak dibutuhkan seperti waktu ada wisuda, karnaval, acara kantor, pesta dan pernikahan tentunya,” ungkapnya, Sabtu (16/10/2021).

Lanjut Indra, tujuan kegiatan pelatihan tersebut selain untuk membangkitkan perekonomian warga khususnya di Batam. Ia berharap melalui acara pelatihan ini setiap peserta mampu mengimplementasikan materi dalam pelatihan. Sehingga bisa menambah skill kemampuan yang dimiliki.

“Disamping bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), juga menjadikan peserta terampil di bidang tata rias pengantin yang nantinya bisa bekerja baik dengan wedding organizer (WO) atau secara mandiri,” jelasnya.

Sementara itu, Instruktur pelatih tata rias, Silvina Putri, menjelaskan beberapa materi yang diterima peserta. Pelatihan kali ini, pihaknya memberikan materi seputar tata rias makeup, hijab, pemakaian busana atau gaun.

“Materi yang kita sampaikan seputar tata rias pengantin, kebetulan tahun ini dengan mengambil tema pengantin minang dan melayu modern,” ujarnya.

Silvina juga memberikan tips agar bisa membuka usaha di bidang wedding organizer, yakni rajin latihan, semangat dan menabung.

“Pokoknya kalau mau buka wedding, harus semangat, latihan dan menabung. Pelan-pelan, dan beli produknya pelan-pelan juga. Yang penting niat, latihan dan rajin. Jadi poin pentingnya ialah Jam terbang dan teknik,” tutupnya. (Haykal)

  • Bagikan