Pencabutan UU ITE, Mahfud MD: Itu Bunuh Diri !

  • Bagikan
Berita Terkini Batam

Jakarta, Owntalk.co.id – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, dalam jumpa pers yang diadakan melalui akun YouTube Kemenko Polhukam menyatakan bahwa, pemerintah tidak akan mencabut Undang-undang nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronika (ITE)

“Hasilnya UU ITE tidak akan dicabut. UU ITE tidak akan dicabut. Bunuh diri kalau kita mencabut UU ITE itu,” kata Mahfud, Jumat (11/6)

Melalui diskusi yang telah melibatkan berbagai pihak, pemerintah akan berencana untuk membuat dua produk hukum.

Pertama, pedoman implementasi UU ITE dan pengajuan Revisi Terbatas UU ITE, yang memuat perubahan sejumlah pasal karet ke DPR RI

Pedoman implementasi UU ITE sendiri akan ditandatangani oleh Kapolri, Menteri Komunikasi dan Informatika, serta Jaksa Agung.

Baca Juga :

Pemerintah juga diketahui telah membentuk dua tim kajian khusus sebagai bentuk dari desakan masyarakat agar merevisi UU ITE. Tim kajian yang telah terbentuk diketahui akan melakukan revisi pada sejumlah pasal dalam UU ITE.
Revisi terbatas akan dilakukan pada empat pasal dan satu pasal lain.

Empat pasal tersebut ialah Pasal 26 (tentang penggunaan data pribadi), Pasal 27 (distribusi konten terkait kesusilaan, judi, hingga pencemaran nama baik), Pasal 28 (tentang penyebaran hoaks hingga SARA), dan Pasal 36 (tentang perbuatan terkait konten yang dianggap merugikan). Sedangkan pasal lainnya akan dimasukkan pada pasal baru yakni Pasal 45c.

Revisi terhadap pasal tersebut bertujuan untuk menghilangkan multitafsir, menghilangkan pasal karet, dan kriminalisasi masyarakat. (Ir)

  • Bagikan