Indonesia Ngotot Sea Games Diadakan November 2021, Ada Apa?

  • Bagikan
Berita Terkini Batam

Jakarta, Owntalk.co.id – Indonesia bersikukuh untuk menolak wacana penundaan SEA Games 2021 Hanoi. Hal ini diungkapkan dalam rapat kerja yang dipimpin Chief Operating Officer SEA Games Federation (SEAGF) Datuk Seri Chaiyapak Siriwat pada Rabu (9/6).

Dalam acara tersebut, perwakilan NOC Vietnam menyampaikan keinginannya untuk menunda SEA Games ini ke pertengahan tahun depan dikarenakan kasus Covid-19 di Vietnam tengah meningkat.

Vietnam mengusulkan acara ini dilaksanakan pada Mei atau Juni 2022 nanti.

Indonesia yang diwakili oleh Komite Olimpiade Indonesia (KOI) menungkapkan ketidaksetujuannya.
Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto.

“Pertama, tahun depan ada sejumlah event besar. Ada Asian Games, di ajang itu pertaruhan Indonesia sangat besar. Kemarin sukses 2018 meraih empat besar, memang kami tak yakin dapat empat besar lagi. Tapi at least seandainya turun tidak terlalu jauh lah. Jika SEA Games mundur, maka konsentrasi atlet terpecah, meskipun pada pelaksanaannya tak akan bentrok. Tapi ada beban psikologis bagi atlet Indonesia,” Ujar Gatot

“Alasan lain masalah anggaran. Anggaran Kemenpora tidak banyak. Jika ditunda sampai tahun depan, maka kami harus optimalisasi, efisiensi anggaran yang ada. Kami tidak bisa kemudian bilang kepada Kemenkeu untuk ditambah karena event mundur. Memangnya, anggaran hanya untuk Kemenpora, pasti ada hal lain-lain. Ujungnya Kemenkeu pasti minta tolong (anggarannya) dioptimalisasi dan jika itu terjadi tentu berat buat kami,” jelas Gatot.

“Alasan terakhir karena Vietnam itu punya sejarah membatalkan Asian Games 2018 (yang akhirnya diambil alih Indonesia) dan itu di Hanoi juga. Nah, harapan kami (dengan adanya permasalahan ini) jadi kesempatan ASEAN untuk saling bantu. Jangan justru menyudutkan atau menghakimi. Memang tidak ada kesan itu, tapi minimal saling bantu,” tambah Gatoto.

Tahun depan Indonesia diketahui akan mengikuti berbagai event olahraga lainnya selain Asian Games, yaitu Asian Indoor Martial Arts Games (AIMAG) Bangkok, Islamic Solidarity Games (ISG) Konya, serta Asian Games Hangzhou. (Ir)

  • Bagikan