Hari Ini! 5G Hadir di Indonesia

  • Bagikan
Berita Terkini Batam

Jakarta, Owntalk.co.id – Telkomsel baru saja mengumumkan kabar gembira. Operator seluler ini diketahui akan menggelar jaringan 5G perdana di Indonesia. Peluncuran 5G ini akan dilakukan pada Kamis (27/5) siang berlokasi di The Telkom Hub, Jakarta.

Sebelum peluncurannya, Telkomsel telah melalui tahapan ULO atau Uji Laik Operasi pada 19-21 Mei. Keberhasilan ULO ini melahirkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G yang diterbitkan oleh Kementrian Komunikasi dan Infomatika untuk Telkomsel.

“Tahapan ULO dan kepemilikan SKLO adalah wajib bagi setiap penyelenggara telekomunikasi yang hendak melakukan perluasan jaringan akibat perubahan teknologi yang terjadi, teknologi 5G termasuk ke dalam perubahan teknologi baru,” ujar Menkominfo, Johnny G Plate.

Layanan internet 5G ini dinilai memiliki koneksi internet diatas 1 Gbps atau sekitar 10 kali lipat yang diberikan 4G. Namun, pada tahap awal peluncuran, Telkomsel menyatakan layanan 5G hanya hadir di enam lokasi yang ada di Jabodetabek, yaitu Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai (BSD), Widya Chandra, dan Alam Sutera.

Selain itu, ada sembilan lokasi di delapan kota yang juga akan menikmati layanan 5G, di antaranya Medan, Batam, Bandung (dua lokasi di Telkom University dan ITB), Balikpapan, Solo, Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Denpasar.

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto, juga mengungkapkan layanan internet 5G ini dapat digunakan dengan kartu SIM 4G.

“Untuk saat ini, 5G tidak perlu mengganti (kartu SIM-red), asal sudah 4G ya. Kalau sudah 4G itu tidak perlu mengganti,” pungkas Setyanto. (Ir)

  • Bagikan