Tinjau Kesiapan Pelabuhan Batu Ampar, BP Batam Targetkan Daya Saing Internasional

  • Bagikan

Batam, Owntalk.co.id – Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, melakukan peninjauan kesiapan pelabuhan Batu Ampar. Saat kunjungannya ia meminta pelabuhan kedepan harus bersih dan tidak ada lagi gudang-gudang yang berdiri di area pelabuhan, Senin (17/05/2021).

Sejauh ini, beberapa gedung sudah mulai dibongkar. Janjinya tanggal 25 Mei paling lambat dibersihkan. Sesuai instruksi Menko, pelabuhan ini tidak boleh seperti semi tradisional.

Kepala BP Batam Muhammad Rudi, menuturkan, secara perlahan pelabuhan Batu Ampar akan menuju ke arah yang lebih baik seperti pelabuhan lainnya.

“Kita akan upayakan pelabuhan Batu Ampar lebih baik kedepan, Karena keuangan terbatas, kita laksanakan step by step hingga selesai. Seperti yang kita harapkan nantinya pelabuhan ini bisa memiliki daya saing di nasional dan negara tetangga,” ungkapnya.

Baca Juga :

Lanjut Rudi, Dalam waktu dekat pelabuhan akan dipasang alat pengangkut kontainer CY. Jika ini sudah ada, tinggal bagaimana cara mengamankannya.

“Selain fasilitas tentunya keamanan akan kita tingkatkan, seperti Pemasangan pagar. Sehingga yang boleh masuk hanya yang punya kepentingan saja. Sebab kita yang bertanggung jawab dengan barang barang di sini,” jelasnya.

Rudi juga menuturkan, sistem alur di pelabuhan BLE sudah berjalan, namun masih belum sempurna dan akan disempurnakan.

“Untuk sistem BLE nantinya akan disempurnakan, karena semua ini membutuhkan biaya yang cukup banyak. Bukan hanya sistem tapi tempat untuk menempatkan sistem ini harus siap,” ujarnya.

Untuk CY sendiri akan disemenisasi dan selesai November depan. Selain itu, pihaknya juga akan mengontrak beberapa kontainer, crane atau alat pengangkut. (Haykal)

  • Bagikan