Mudik Dilarang, Penerbangan Wuhan – Jakarta Kembali Dibuka

  • Bagikan
Ilustrasi Penerbangan
Ilustrasi Penerbangan

Jakarta, Owntalk.co.id – Pemerintah telah resmi melarang masyarakat Indonesia untuk melakukan mudik Lebarang tahun ini. Larangan itupun tertuang dalam Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan COVID-19 No 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah selama 6-17 Mei 2021.

Meski begitu, masyarakat Indonesia kembali dihebohkan dengan adanya kabar penerbangan Jakarta menuju Wuhan telah kembali dibuka bagi para penumpang. Kabarnya, rute tersebut dilayani oleh maskapai penerbangan Lion Air setiap Senin.

Berbagai lini media sosial dipenuhi oleh kekesalan masyarakat Indonesia yang ditunjukkan kepada Pemerintahan Pusat hingga Daerah.

Dilansir dari Antara, Senin (03/04/2021) rute penerbangan tersebut dilayani oleh Lion Air dengan menggunakan pesawat Boeing 737-900. Pesawat dengan nomor penerbangan JT-2619 berangkat dari Jakarta pukul 06.20 WIB dan tiba di Wuhan pada pukul 12.25 WIB.

Selanjutnya, pesawat berganti nomor penerbangan menjadi JT-2618, lalu kembali dari Wuhan pukul 15.10 waktu setempat (atau sekitar 14.10 WIB) dan tiba pukul 20.20 WIB.

Meski demikian, pihak dari Direktorat Jendral Perhubungan Udara, Kementrian Perhubungan sudah memastikan bahwa penerbangan Lion Air rute Wuhan-Bandara Soekarno-Hatta itu bukanlah penerbangan berjadwal atau reguler, melainkan penerbangan sewa.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Novie Riyanto mengatakan, penerbangan charter itu telah memenuhi persyaratan terbang dan mendapatkan izin Flight Approval (FA) pada tanggal 18-19 April 2021 dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara untuk melayani penerbangan charter dengan tujuan pengangkutan WNA asal China untuk kepentingan pekerjaan.

  • Bagikan