Klewang 2, Kapal Perang Canggih Buatan Banyuwangi

Jakarta, Owntalk.co.id – Indonesia akan segera mempunyai kapal cepat rudal dengan disain super canggih. Kapal ini diberi nama  Klewang 2. Kapal itu merupakan modifikasi dari KRI Klewang 625 buatan Banyuwangi yang sempat menggegerkan jagat militer dunia, beberapa tahun silam.

Sayangnya Klewang 625 mengalami kecelakaan, terbakar, dan tenggelam akibat korsleting arus pendek di Selat Bali, pada 28 September 2012. Pembuatan kapal siluman trimaran ini telah menjadikan Indonesia sebagai negara kedua–setelah Amerika Serikat (AS)–yang memiliki kapal canggih jenis tersebut. 

Trimaran adalah kapal tiga lunas atau berlambung lebih dari satu, yang terdiri dari satu lambung utama dan dua lambung kecil atau cadik yang menempel di sisi sebelah kanan serta kiri lambung utama. Lambungnya sendiri berdesain khusus, berbentuk lancip di ujung yang membuatnya mampu melaju lebih cepat hingga kecepatan 50 knot dan menambah stabilitas kapal saat menembus ombak setinggi enam meter.

Perlu diketahui, KRI Klewang 625 panjang 60 meter dan bobot 200 ton lebih ini dapat membawa 29 orang, termasuk pasukan khusus dan sebuah RHIB X2K 11 meter yang memiliki kecepatan 50 knot.

Baca Juga :

Salah satu kelebihan yang paling menonjol dari Klewang 625 memiliki teknologi Stealth yang tidak bisa dilacak oleh radar. Teknologi Stealth ini juga dimiliki pesawat terbang intai F-117 Night Hawk milik Angkatan Udara Amerika Serikat.

Kapal itu juga dilengkapi persenjataan rudal antikapal, seperti C-705, RBS-15, Penguin atau Exocet MM-40. Selain itu, ada pula meriam otomatis Type 730. Berjuluk “siluman”, KRI Klewang akan menjadi kekuatan pemukul TNI-AL yang handal dan menakutkan di lautan karena tidak mudah terdeteksi oleh radar lawan.

KRI Klewang 2 yang didisain menggantikan Klewang 625 dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda itu diumumkan Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP), dalam salah satu lamannya. Klewang 2 merupakan penyempuraan dari Klewang 1 yang sempat diluncurkan pada 2012.

Sekedar informasi, PT Lundin Industry Invest sebagai pembuat kapal siluman generasi ke-2 itu telah mengumumkan bahwa dalam beberapa bulan ke depan akan meluncurkan kapal yang saat ini masih berada di pabriknya di Banyuwangi, Jawa Timur. PT Lundin Industry Invest (PT LII) adalah perusahaan yang bergerak di perangkat sistem senjata swasta di Indonesia. Walaupun berlokasi di Banyuwangi, PT LII merupakan salah satu produsen yang dikenal oleh industri militer mancanegara.

PT LII merupakan perusahaan yang dimiliki oleh dua orang kebangsaan Swedia, John Lundin dan Lizza Lundin. Keduanya aktif sejak 2003 di Indonesia dalam industri boats. PT LII sudah memproduksi lebih dari 250 boats untuk kepentingan industri militer.  

PT LII juga sudah memproduksi beragam kapal perang dan militer yang terdiri dari trimaran, catamaran, dan monohul. Di pabrik itu, PT LII mempekerjakan lebih dari dua ratus orang karyawan untuk membuat fiberglass dan bahan pendukung pembuatan kapal.

Untuk pasar internasional, PT LII sudah mengantongi beberapa sertifikat, seperti International Marince Certification Institute dan Lloyd Register Certified ISO 9001. Dengan bekal sebanyak itu, kredibilitas dan kualitas dari PT LII sendiri sudah tidak diragukan lagi.

Exit mobile version