Polri Apps
banner 728x90

Bank Indonesia Ramal Inflasi IHK pada Juli Ini

berita terkini batam
Bank Indonesia,(Foto: Owntalk)

Jakarta, Owntalk.co.id – Bank Indonesia (BI) prediksi inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) 0,01 persen pada Juli 2020. Prediksi ini didasari survei pemantauan IHK bank sentral pada pekan ketiga bulan ini (Juli, 2020).

Onny Widjanarko selaku Direktur Eksekutif sekaligus Kepala Departemen Komunikasi BI menuturkan perkiraan inflasi Juli 2020 sebesar 1,10 persen.

“Sedangkan prediksi inflasi secara tahunan sebesar 1,66 persen,” ujarnya dikutip dari keterangan resmi, Jumat (17/7/2020). Melansir dari CNNIndonesia.

Katanya, penyumbang terbesar inflasi adalah telur ayam ras sebesar 0,05 persen, emas perhiasan 0,03 persen, dan rokok kretek filter 0,01 persen.

Sementara itu, komoditas utama penyumbang deflasi adalah bawang merah sebesar 0,09 persen, bawang putih 0,03 persen, gula pasir 0,02 persen, dan jeruk 0,02 persen. Selain itu, cabai merah, daging sapi, kelapa, minyak goreng dan angkutan udara masing-masing berkontribusi 0,01 persen pada deflasi.

BI terus perkuat koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait guna memonitori dampak ekonomi penyebaran covid-19.

“Serta langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan yang perlu ditempuh untuk menjaga stabilitas makroekonomi. Dan sistem keuangan, dan menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap baik dan berdaya tahan,” ujar Onny.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *